Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Tahun, Okupansi Kawasan The Nusa Dua Bali Stabil di Atas 60 Persen

Kompas.com - 21/02/2023, 08:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Januari 2023, tingkat hunian (okupansi) rata-rata Kawasan The Nusa Dua di Bali tercatat mencapai 64,61%.

Capaian itu menunjukkan pertumbuhan kurang lebih 200% dibandingkan tingkat hunian rata-rata pada periode Januari 2022 yang hanya sebesar 20,15%.

Angka ini juga menunjukkan terjaganya okupansi kawasan di atas 60% selama tujuh bulan berturut-turut sejak Juli 2022.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, tingkat hunian di Kawasan The Nusa Dua tetap terjaga dan bahkan menunjukkan tingkat pertumbuhan tinggi dibandingkan Januari 2022.

"Kebangkitan sektor pariwisata yang terlihat dari banyaknya wisatawan melakukan perjalanan wisata, memberikan dampak positif ke kawasan kami," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman ITDC, Senin (20/02/2023).

Baca juga: Okupansi Hotel di Kawasan Nusa Dua Melonjak 197 Persen, Ini Pemicunya

Pihaknya meyakini, peningkatan kunjungan wisatawan ke The Nusa Dua didorong oleh promo menarik yang disiapkan tenant-tenant kawasan saat periode liburan tahun baru 2023 dan liburan Imlek lalu.

Serta, beberapa kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) yang diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua.

Menurut Ngurah Ardita, pada periode 1-12 Februari 2023, okupansi The Nusa Dua telah mencapai 54,80%, dipengaruhi oleh kegiatan kepariwisataan yang telah berlangsung.

Di antaranya beberapa kegiatan MICE seperti ASEAN Task Force Meeting, ASEAN Finance and Central Bank Deputies Meeting Working Group, dan event musik ‘TULUS Tour Manusia’ yang dihadiri oleh kurang lebih 4.000 penonton.

Sementara pada Maret mendatang, dua event musik bergengsi telah terjadwal akan berlangsung di Pulau Peninsula, yaitu Thank God It’s Festival (TGIF) feat. UNIVLOX pada tanggal 4 Maret 2023 dan Joyland Festival pada tanggal 17-19 Maret 2023.

"Melihat semakin meningkatnya kegiatan kepariwisataan saat ini, kami berharap tingkat hunian di kawasan pada bulan berikutnya dapat mencapai angka yang kami harapkan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com