Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat! Puncak Arus Balik Tahun Baru Dimulai Pada 1 Januari 2023

Kompas.com - 01/01/2023, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi, puncak arus balik libur Tahun Baru 2022 akan  terjadi hari ini, Minggu (1/1/2023) pukul 12.00 WIB hingga besok, Senin (2/1/2023) pukul 08.00 WIB.

Hal ini sebagaimana terekam dalam Buku Saku Jasa Marga Edisi 2022 yang diterima Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menjelaskan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer akan dioperasikan fungsional.

Akan tetapi, pengoperasian fungsional tol ini akan dilakukan untuk melayani lalu lintas (lalin) saat arus balik yakni dari Bandung menuju Jakarta.

Nantinya, masyarakat atau pengguna jalan tol akan masuk di KM 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.'

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Mudik Natal-Tahun Baru Tanggal 23-24 Desember

“Jadi, berdasarkan asumsi dan evaluasi kami, ini ada beberapa indikator rekayasa lalu lintas (lalin) yang sudah disampaikan berdasarkan koordinasi dengan pihak kepolisian,” ucap Atika dalam konferensi pers di Bekasi, Kamis (15/12/2022).

Karena beroperasi fungsional, Tol Japek II Selatan pada arus balik atau dari Bandung menuju Jakarta tanpa dikenakan tarif alias gratis.

Adapun Jasa Marga memprediksi, sebanyak 2,7 juta kendaraan akan meninggalkan Jabodetabek melalui empat gerbang tol (GT) utama saat Nataru.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, 8,3 Juta Orang Bepergian via Angkutan Umum

Keempat GT yang dimaksud yakni, Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Ciawi, dan Cikupa.

Rinciannya, distribusi volume lalin. ke arah Timur/Trans Jawa sebesar 47 persen, ke arah Barat/Merak 30,6 persen, serta ke arah Selatan/Ciawi sebesar 22,4 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com