Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun RS UPT Vertikal Surabaya, WIKA dan Anak Usaha Teken Kontrak Rp 1,49 Triliun

Kompas.com - 31/10/2022, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA bersama dengan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung atau WEGE menjadi kontraktor terpilih dalam mengerjakan fisik dan bangunan Rumah Sakit Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Vertikal Surabaya  Rp 1,49 triliun.

Kerja sama operasi (KSO) keduanya dalam proyek tersebut diwujudkan melalui penandatanganan kontrak bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Teken kontrak ini dihadiri Pengguna Anggaran Kemenkes Azhar Jaya, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Aswan Usman, Direktur Operasi III WIKA Rudy Hartono.

Selanjutnya, Kepala Divisi Bangunan Gedung WIKA Mochamad Yusuf, GM Pemasaran BGLN WIKA Bobby Iman Setya, Direktur Utama WEGE Hadian Pramudita, Direktur Operasi II WEGE Akhmadi Tricahyono di Surabaya, Rabu (26/10/2022).

Untuk lingkup pekerjaan WIKA-WEGE meliputi struktur, arsitektur, mechanical, electrical and plumbing (MEP), engineering serta infrastruktur.

Baca juga: Wika Fokus Bereskan Proyek G20 di Tiga Lokasi, Apa Saja? 

Azhar menyampaikan, proyek ini merupakan wujud transformasi layanan kesehatan dan mendukung program Kemenkes dalam mempercepat pemerataan pelayanan rumah sakit.

"Visi yang sangat mulia dari Kemenkes mendorong kita untuk mempercepat pembangunan pelayanan rumah sakit," ujar Azhar dalam siaran pers, Senin (31/10/2022).

Dengan begitu, terpilihnya konsorsium WIKA-WEGE diharapkan agar proyek tersebut berjalan dengan baik dan selesai tepat waktu dengan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Sementara Rudy mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Kemenkes oleh perseroan atas pembangunan proyek ini.

"WIKA-WEGE KSO menggunakan Value Engineering (VE) dan inovasi Building Information Modelling (BIM)," imbuh Rudy.

Kedua inovasi ini diterapkan pada pekerjaan struktur untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan.

Dengan rekam jejak WIKA yang dipadukan dengan kompetensi WEGE pada proyek bangunan gedung, Rudy meyakini proyek RS UPT Vertikal Surabaya akan selesai dengan mutu yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com