Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majukan Transportasi Kota, MRT Jakarta Gandeng Dua Perusahaan Perancis

Kompas.com - 20/05/2022, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) menjalin kerja sama dengan dua perusahaan industri perkeretaapian di Perancis yakni, Alstom dan Thales.

Bersama Alstom, MRT Jakarta menjalin kemitraan terkait solusi sistem perkeretaapian mencakup skema pengadaan rolling stock, sinyal, infrastruktur, serta pelayanan. 

Sementara dengan Thales, MRT Jakarta bekerja sama soal solusi teknologi integrasi sistem pertiketan.

Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar dengan kedua pihak perusahaan itu.

Penandatanganan nota kesepahaman dengan dua perusahaan besar di bidang industri perkeretaapian Prancis ini dinilai untuk menghadirkan masa depan transportasi di Indonesia.

Baca juga: Cek, Perubahan Jadwal Operasional MRT Jakarta Mulai 18 Mei 2022

"Bahkan, lebih jauh lagi, upaya untuk menghadirkan wajah baru Jakarta sebagai masa depan pusat ekonomi baru dan terbarukan di Indonesia,” jelasnya dalam rilis, Kamis (19/5/2022).

Kerja sama dengan Alstom sejatinya untuk membangun sistem perkeretaapian perkotaan yang paling tepat untuk DKI Jakarta.

Sedangkan dengan Thales, MRT Jakarta akan menjajaki aspek teknologi dan solusi teknis terkait sistem tiket dan pembayarannya.

Lebih jauh lagi, MRT Jakarta akan melihat potensi kerja sama menjadi penyedia jasa konsultasi bagi daerah lain yang ingin mengembangkan sistem transportasi publik perkotaannya.

William mengatakan, pertemuan dengan pelaku industri perkeretaapian perkotaan kelas dunia ini diharapkan akan membuat depan transportasi publik di Jakarta semakin baik.

Selain itu, dia berharap Jakarta akan menjadi kota yang setara dengan kota-kota metropolitan lainnya.

Adapun MRT Jakarta menginisiasi kegiatan yang bertajuk Investing in Urban Regeneration Forum 2022 di Kedutaan Besar RI untuk Prancis di Paris, Selasa (17/5/2022) waktu setempat.

Inisiasi yang diadakan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut melibatkan pelaku industri besar perkeretapian di Prancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com