Kompas.com - 25/08/2021, 20:45 WIB
Mulai hari ini, Rabu (25/08/2021) ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) sudah dapat beroperasi dan bisa dilalui oleh masyarakat. Mulai hari ini, Rabu (25/08/2021) ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) sudah dapat beroperasi dan bisa dilalui oleh masyarakat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) sudah beroperasi dan bisa dilalui oleh masyarakat mulai Rabu (25/8/2021) tanpa tarif.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait mengatakan selama dua minggu ke depan, pengguna jalan dapat memanfaatkan segmen pemungkas jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut dengan tarif nol rupiah atau gratis. 

"Jadi selama dua minggu ke depan ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja yaitu Seksi 1 dan Seksi 5 berperasi secara umum dengan tarif nol rupiah," kata Jinto dalam keterangan tertulis, Rabu (25/08/2021). 

Dengan dioperasikannya Seksi Balikpapan-Samboja, terdapat penambahan dua gerbang tol (GT) baru yang dioperasikan yaitu GT Manggar dan GT Karang Joang.

Baca juga: Tulang Punggung Pengembangan Ekonomi Itu Berjuluk Tol Balsam

Meskipun Seksi Balikpapan-Samboja beroperasi gratis, tetapi pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki GT. 

Pengendara yang melakukan perjalanan menerus menuju Samarinda melalui GT Palaran, akan tetap dikenakan tarif senilai tarif Seksi 2, 3, dan 4 (Seksi Samboja-Samarinda) yang telah lebih dulu beroperasi pada Juni 2020. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda berharap beroperasinya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda secara penuh, semakin mengoptimalkan fungsinya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kalimantan Timur.

“Dibukanya jalan tol ini, maka jalur mobilitas masyarakat, juga barang dan jasa dari Balikpapan ke Samarinda maupun sebaliknya menjadi lebih lancar dan membuat perekonomian di Kalimantan Timur akan semakin maju," kata Aji. 

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dirancang sepanjang 97,27 kilometer dengan masa konsesi selama 45 tahun.

Jalan tol ini memiliki 32 titik CCTV dan 5 titik VMS (Variable Message Sign) yang tersebar di sepanjang ruasnya.

Selain itu, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengendara, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga dilengkapi dengan layanan lalu lintas di antaranya yaitu, 6 unit MCS (Mobile Customer Service), 4 unit ambulance, 2 unit kendaraan rescue, 8 unit kendaraan derek, dan 5 unit PJR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.