Lebih Cepat dari Rencana, Akses Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Kelar Akhir 2021

Kompas.com - 05/08/2021, 21:00 WIB
Pembangunan Bengkulu Outer Ring Road/BORR atau Jalan Lingkar Luar Bengkulu. Dok. Kementerian PUPR.Pembangunan Bengkulu Outer Ring Road/BORR atau Jalan Lingkar Luar Bengkulu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Bengkulu Outer Ring Road (BORR) atau Jalan Lingkar Luar Bengkulu.

BORR nantinya menjadi akses jalan menuju pintu Tol Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau menuju Pelabuhan Pulau Baai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, kehadiran infrastruktur tersebut dapat meningkatkan kelancaran distribusi logistik bagi Provinsi Bengkulu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan berfungsi untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” terangnya dalam keterangan tertulis, Kamis (05/08/2021).

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga M Diantoro Murod mengatakan, progres konstruksi BORR mengalami deviasi positif atau lebih cepat dari rencana.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Proyek Tol Lubuk Linggau-Bengkulu Berjalan Lancar

"Jadi, kami optimistis bisa selesai sesuai target yaitu pada akhir tahun 2021 ini," ujar Diantoro.

Terdapat tiga paket pembangunan untuk menunjang BORR yaitu konstruksi Jembatan Elevated (Layang) Nakau-Sebakul dengan nilai kontrak Rp 18,56 miliar.

Kemudian, jalan menambah lajur BORR yaitu ruas Air Sebakul-Betungan senilai Rp 15,03 miliar, serta duplikasi Jembatan Pulau Baai 2 sebesar Rp 24,78 miliar.

Diantoro menerangkan, duplikasi jembatan Pulau Baai 2 dilakukan dalam mendukung angkutan batu bara karena kapasitas jembatan eksisting sudah tak sanggup untuk melayani.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.