Sekarang Ada SISTA, Sistem Percepatan Proses Serah Terima Aset Negara

Kompas.com - 05/08/2021, 19:00 WIB
Balai P2P Sumatera III Luncurkan Sistem SISTA untuk mempercepat proses serah terima aset Barang Milik Negara (BMN)

Kementerian PUPR Balai P2P Sumatera III Luncurkan Sistem SISTA untuk mempercepat proses serah terima aset Barang Milik Negara (BMN)

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meluncurkan Sistem Informasi Serah Terima Aset (SISTA) untuk mempercepat serta memantau proses serah terima aset perumahan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi mengatakan SISTA saat ini masih digunakan secara intern di Balai P2P Sumatera III melalui penetapan SK Nomor 045/KPTS/Rb3/2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sistem Informasi Serah Terima Aset (SISTA) adalah aplikasi pengelolaan informasi, peringatan dini (early warning system), kelengkapan dokumen dan basis data serah terima aset infrastruktur yang dapat mempercepat proses pemantauan serah terima aset dari pemerintah pusat kepada penerima bantuan,” kata Zubaidi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (05/08/2021).

Zubaidi menerangkan, aplikasi SISTA dapat diakses melalui laman sista.djpr.id.

Baca juga: Begini Rapor Program Satu Juta Rumah Selama Pandemi

Menurutnya, aplikasi itu merupakan terobosan dari pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) agar serah terima dilakukan lebih cepat dengan teknologi informasi dalam serah terima BMN di wilayahnya.

Para petugas pengelola BMN baik dari Satuan Keja Penyediaan Perumahan dan Penerima Manfaat dapat menginput data di mana pun dan kapan pun yang nantinya akan dipantau oleh Tim Sistem Informasi Serah Terima Aset di Balai.

Alasan pembuatan aplikasi ini adalah untuk menjadi jawaban dari permasalahan fasilitasi serah terima aset di lingkungan Balai P2P Sumatera III.

Adapun beberapa permasalahan yang sering dihadapi antara lain pemberkasan yang masih manual, pemberkasan ulang jika terjadi kehilangan data dari pusat sehingga memakan waktu yang lama.

Selain itu, kurangnya pemahaman dan pemantauan sehingga berkas persyaratan serah terima aset belum lengkap dan benar serta adanya perpindahan jabatan mempersulit proses pemberkasan serah terima aset dan mempengaruhi pergantian pengelola BMN.

Sebagai informasi, untuk menggunakan aplikasi SISTA, pihak Balai P2P akan menyampaikan username dan password kepada Satuan Kerja Penyediaan Perumahan dan Penerima Manfaat untuk log in ke aplikasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.