Kompas.com - 23/04/2021, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Strategic Business & Services Sinarmas Land Alim Gunadi mengatakan, perusahaan masih belum merencanakan ekspansi bisnis dalam waktu dekat.

"Kami melihat memang, saat ini Sinarmas Land masih cukup konservatif untuk melakukan ekspansi dan juga tetap menerapkan prinsip kehati-hatian," tutur Alim dikutip dari live streaming CNBC Indonesia, Jumat (23/04/2021).

Hal ini dikarenakan perusahaan masih memiliki kewajiban untuk melakukan serah terima hunian yang jatuh tempo pada Tahun 2021.

Saat ini, Sinarmas Land masih wait and see (tungu dan lihat) terhadap berbagai peluang yang ada.

Misalnya, perpanjangan pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), kebijakan down payment (DP) atau uang muka 0 persen, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7 Days Reverse Repo Rate pada level 3,5 persen.

Baca juga: Tiga Bulan, Bumi Serpong Damai Cetak Marketing Sales Rp 2,5 Triliun

Menurut Alim, hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah dalam sektor properti adalah cara pembayaran.

Karena, sekitar 60 persen konsumen menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Alim mengatakan, bank menjadi salah satu tulang punggung dalam mendukung kelangsungan bisnis properti.

Jika berbagai stimulus digulirkan Pemerintah dan ditambah dengan pelonggaran Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, dia optimistis sektor properti bakal segera pulih.

"Saya rasa, kami melihatnya cukup optimistis ya," tuntas Alim.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.