Tahukah Anda, Mal Terluas Se-Indonesia Ada di Surabaya?

Kompas.com - 12/01/2020, 20:31 WIB
Pakuwon Mall Surabaya Dokumentasi Pakuwon JatiPakuwon Mall Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati pusat perbelanjaan Grand Indonesia, properti milik Djarum Group, mencakup Sayap Kiri dan Kanan atau East Mall dan West Mall, ternyata bukanlah yang terluas di Indonesia.

Demikian halnya dengan Summarecon Mall Kelapa Gading milik PT Summarecon Agung Tbk yang sudah mencapai tahap kelima bukanlah yang terbesar di Nusantara.

Bagaimana dengan Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur, yang kerap bikin pengunjungnya tersesat dan tersasar, tak tahu jalan pulang?

Ternyata, hal itu belum cukup menempatkannya sebagai yang terluas. Meskipun luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektifnya 175.000 meter persegi dan mencakup 6 seri atau mengungguli dua mal di atas.

Lantas, mal mana yang laik didapuk sebagai terbesar dan terluas di Indonesia?

Baca juga: Obrolan Seru Warganet, Keliling Tunjungan Plaza Tak Tahu Jalan Pulang

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan mengungkapkan, pusat perbelanjaan terbesar dan terluas di Indonesia adalah Pakuwon Mall Surabaya.

Mal ini juga berada di Surabaya. Sama seperti Tunjungan Plaza 1-6, Pakuwon Mall Surabaya dibangun oleh pengembang PT Pakuwon Jati Tbk.

Menurut Stefanus yang juga merupakan Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, luas sewa efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektar.

"Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," kata Stefanus menjawab Kompas.com, Sabtu (11/1/2020).

Pakuwon Mall Surabaya berlokasi di Surabaya Barat, dan merupakan pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X