Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bingung Pilih Carport atau Garasi di Rumah? Coba Pertimbangkan Hal Ini

Akan tetapi, carport maupun garasi memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan mobil dan kendaraan lainnya, memberikan perlindungan terhadap cuaca, dan meningkatkan keamanan.

Meski begitu, ada beberapa perbedaan penting antara carport dan garasi. Secara definisi, carport adalah struktur luar ruangan sederhana yang hanya memiliki atap untuk perlindungan cuaca.

Sementara garasi dapat dianggap sebagai konstruksi lebih kompleks karena menyediakan penutup yang lengkap dengan dinding kokoh.

Sekilas garasi terlihat lebih menguntungkan, tetapi carport juga memiliki beberapa fitur yang layak dipertimbangkan.

Bagi Anda yang ingin menyimpan mobil, coba pertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Keamanan

Ini merupakan indikator penting bagi setiap pemilik mobil yang ingin kendaraannya terlindungi dari pencurian.

Karena menyediakan struktur yang sepenuhnya tertutup dengan dinding kokoh, garasi memiliki keunggulan dalam hal ini.

Pencuri yang bertekad kuat akan tetap bisa masuk ke garasi yang tidak diamankan dengan baik.

Namun, keuntungan utama dari garasi dibanding carport adalah cara kerjanya yang dapat bertindak sebagai pencegah yang dapat diandalkan.

Sebab, kendaraan yang diparkir tetap tersembunyi dari mata pencuri potensial.

Sementara carport dapat membuat mobil Anda terasa sedikit terlalu terbuka. Ini tidak ideal jika mengkhawatirkan keamanan mobil yang mahal.

2. Perlindungan cuaca

Perbedaan carport dan garasi adalah hal perlindungan cuaca. Dapat dikatakan garasi melakukan pekerjaan lebih baik daripada carport.

Selain itu, memiliki ruang yang benar-benar tertutup untuk menyimpan mobil dalam jangka waktu lama dapat dianggap sebagai keuntungan solid.

Karena, Anda tidak perlu khawatir tentang hujan, angin, dan sinar matahari yang intens. Meski begitu, carport masih layak melindungi kendaraan.

Banyak pemilik rumah yang mempertimbangkan membangun garasi atau carport untuk alasan lain selain memarkir mobil mereka.

Mereka mungkin juga ingin menggunakan struktur ini sebagai tempat penyimpanan berbagai perkakas dan peralatan yang tidak cocok untuk disimpan di dalam rumah.

Dalam hal ini, garasi lebih menguntungkan karena carport tidak akan dapat memberikan perlindungan cuaca yang cukup untuk semua barang ekstra Anda.

3. Biaya

Lantaran kompleksitas strukturnya lebih besar, garasi lebih mahal dibangun dibandingkan dengan carport.

Jika memiliki anggaran terbatas, carport lebih unggul daripada garasi. Namun, biaya dapat berbeda secara signifikan untuk kedua jenis struktur ini, tergantung pada ukuran, gaya, dan detail proyek lainnya.

Meski biaya besar untuk garasi dapat dilihat sebagai kekurangan, ini merupakan investasi jangka panjang yang lebih baik, dapat menambah nilai jual kembali ke rumah, dan bertahan lebih lama daripada carport.

4. Instalasi

Instalasi menjadi faktor selanjutnya untuk pertimbangan memilih carport dan garasi bagi rumah Anda.

Dalam pemasangan, carport tampak lebih menguntungkan. Membangunnya akan jauh lebih mudah dibandingkan garasi karena kurangnya dinding dan tidak adanya pintu.

Namun, untuk desain carport yang rumit masih membutuhkan instalasi profesional.

5. Tampilan

Penampilan struktur akan memiliki pengaruh pada tampilan rumah secara keseluruhan. Ini adalah aspek penting yang harus diperhatikan, terutama jika memiliki rencana menjual rumah suatu saat nanti.

Carport tidak memiliki banyak hal yang ditawarkan dalam hal estetika karena pada dasarnya adalah struktur sederhana yang ditutupi dengan atap dan memiliki pilihan desain terbatas.

Namun, dengan memilih garasi Anda bisa memanfaatkan gaya desain yang lebih kompleks untuk menyesuaikan detail arsitektur rumah lebih mudah. 

https://www.kompas.com/properti/read/2023/10/04/060000921/bingung-pilih-carport-atau-garasi-di-rumah-coba-pertimbangkan-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke