Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Basuki Ingin Ciliwung Jadi Barometer Pemeliharaan Sungai di Perkotaan

Hal tersebut disampaikannya bersama Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Festival Dayung Ciliwung yang digelar oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersamaan dengan acara rutin Car Free Day di sekitar Dukuh Atas, Sudirman, pada Minggu (04/12/2022).

"Pemeliharaan Sungai Ciliwung ini merupakan prioritas kita agar bisa menjadi barometer untuk pemeliharaan sungai-sungai di Indonesia yang bersih dan indah," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Dengan demikian hal tersebut bisa dicontoh oleh kota-kota besar lain yang juga memiliki sungai-sungai layaknya Sungai Ciliwung.

"Seperti Bandung dengan Sungai Citarum, Semarang dengan Kali Garang, Surabaya dengan Kali Brantas dan Kali Mas serta Medan dengan Sungai Deli," jelasnya.

Menurut Menteri PUPR, nantinya sejumlah acara akan digelar di kawasan Sungai Ciliwung. Agar pemeliharaan Sungai Ciliwung bisa berjalan baik.

"Salah satunya tadi ide dari Pak Pj Gubernur, tahun depan rencananya kita akan coba selenggarakan lomba hias getek. Tujuannya hanya satu kita pelihara Ciliwung dengan baik agar semakin cantik," tukasnya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai untuk menjaga kondisi sungai.

"Kami bersama Menteri PUPR mengingatkan bahwa Sungai Ciliwung ini aset kita bersama yang harus dijaga. Kita harus cinta sungai, cinta Kali Ciliwung," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/05/173000221/basuki-ingin-ciliwung-jadi-barometer-pemeliharaan-sungai-di-perkotaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke