Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Anak Nasional, Pertunjukan Musikal 'Benih Yang Bernilai' Segera Digelar

Kompas.com - 07/07/2023, 17:15 WIB
Pertunjukan musikal Benih Yang Baik Dok. IstimewaPertunjukan musikal Benih Yang Baik
Editor Maharani Kusuma Daruwati

Parapuan.co - Hari Anak Nasional diperingati setiap tahunnya pada 23 Juli.

Hari Anak Nasional ini dirayakan untuk lebih memperhatikan kebutuhan anak, baik secara fisik, emosional, juga mentalnya.

Jelang perayaan Hari Anak Nasional, banyak acara dan pertunjukan yang dirancang khusus untuk anak.

Salah satunya adalah pertunjukan teater drama musikal Benih Yang Baik.

Didukung oleh Kemilau Emas Anak Indonesia, Sari Kresna, Anwa Residences dan Ciputra Artpreneur dengan bangga mempersembahkan pertunjukan teater berlatar kehidupan Benih Yang Bernilai.

Benih Yang Bernilai merupakan pertunjukan hasil kolaborasi antara aktor ternama: Lukman Sardi, motivator wanita terpopuler: Merry Riana, penyanyi cilik: Rara Sudirman dan Quinn Salman dan serta anak-anak berbakat lainnya.

Pertunjukan garapan penulis lakon dan sutradara Jong Santiasa Putra ini dapat disaksikan pada Sabtu, 15 Juli 2023 pukul 10.00 WIB di Ciputra Artpreneur Theater.

Acara ini juga mengundang anak panti dari berbagai suku dan agama secara gratis. 

Benih Yang Bernilai akan tampil selama kurang lebih 90 menit, dengan menampilkan lagu-lagu karya Wawa Lukman.

Baca Juga: Jadi Comeback Yoo In Na, Simak Sinopsis Drakor Bo Ra! Deborah

Wawa Lukman, Selaku Produser & Pemerhati Anak mengungkapkan, ”Benih Yang Bernilai” lahir dari keprihatinannya terhadap dampak media sosial bagi anak-anak.

Selain mengganggu kesehatan fisik, hal lain yang dicemaskan di antaranya paparan konten negatif dan tidak sepantasnya diterima anak-anak, serta gangguan komunikasi dan sosialisasi di dunia nyata.

Pandemi menjadi ajang untuk merefleksikan diri, di mana Wawa Lukman banyak menciptakan lagu-lagu yang bertemakan anak.

Ia berharap agar dapat mengembalikan dunia anak-anak dengan sebagaimana mestinya.

Kenangan 1990-an hingga awal 2000-an di mana putra dan putrinya besar dengan mendengarkan lagu anak dari  nama-nama seperti Eno Lerian, Agnes Monica, Sherina, Tasya, Sherina, Tina Toon, Joshua, dan sederet nama penyanyai cilik lainnya.

Lagu-lagu ini bukan hanya menghibur tapi juga penuh dengan pesan moral. Pesan yang terdengar sederhana, tapi tidak bisa didapatkan di masa kini, dimana banyaknya gempuran lagu dewasa nasional bahkan internasional.

Lagu merupakan media yang cukup dekat dengan anak. Baik buruknya dampak yang diperoleh dari lagu dipengaruhi oleh nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan bagaimana lagu tersebut disajikan.

Dalam rangka Hari Anak Nasional 2023, Wawa Lukman ingin mengundang 1000 anak-anak dari berbagai panti asuhan di Jakarta untuk dapat menikmati lagu-lagu yang diciptakannya melalui pertunjukan teater “Benih Yang Bernilai”.

Baca Juga: 6 Drakor Tayang Mei 2023, Ada Drama Kim Dong Wook hingga Kim Woo Bin

Kezia Victoria Andwa, Selaku Chief Financial Officer Sari Kresna Kimia mengungkapkan, dengan adanya teater drama musikal ini kami memberikan dukungan sepenuhnya bagi anak-anak yang berprestasi serta membanggakan.

"Kami berharap ke depannya lebih banyak lagi, karya-karya anak bangsa yang dapat ditampilkan dan kita lestarikan bersama. Tetap semangat, kejar terus mimpimu jangan patah semangat," terangnya, seperti dikutip dari rilis yang diterima PARAPUAN.

Kelly Maria E.A Budianto, selaku Direktur Utama Anwa Residence mengatakan Anwa Residence selalu mendukung semua kegiatan positif, terlebih lagi drama musikal Benih yang Bernilai.

Ini menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk anak-anak, kedepannya saya berharap akan lebih banyak lagi kegiatan positif untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka.

Rina Ciputra Sastrawinata, President Director Ciputra Artpreneur menyampaikan bahwa anak-anak merupakan generasi penerus yang perlu diberikan kesempatan untuk mengembangkan talenta dan bakat mereka.

Apapun dan di manapun mereka dilahirkan, setiap anak memiliki hak yang sama untuk meraih impian dan cita-cita yang mereka impikan.

"Oleh karena itu, saya menyambut dengan antusias dan sangat mendukung kegiatan pertunjukan musikal Benih Yang Bernilai ini. Saya juga membuka lebar pintu Teater Ciputra Artpreneur agar bisa menjadi ajang asah bakat bagi anak-anak Indonesia. Saya berharap tentunya semua anak-anak yang hadir di Teater Ciputra Artpreneur ini akan menjadi generasi penerus yang hebat," ungkap Rina.

Jong Santiasa Putra, Penulis naskah dan Sutradara mengungkapkan bahwa ia ingin menampilkan sebuah karya yang tercipta atas nilai serta sikap yang sudah mulai luntur dari kehidupan sebagian ’anak zaman now’.

Dalam pentas ini kita serasa dibawa ke masa kecil yang dimana masuk area bermain anak-anak yang selalu mengutamakan kebersamaan, solidaritas, serta kejujuran.

Baca Juga: Berusia 80 Tahun Lebih, Ini 7 Rekomendasi Drama Korea Kim Young Ok

Melalui sejumlah diskusi bersama produser, ia mencoba untuk membaca kehidupan anak-anak di panti asuhan sebagai upaya menyemangati kawan-kawan dalam menjalani kehidupan. Ditampilkan dengan apik, konflik yang berlatar belakang lingkungan di panti asuhan dan bagaimana mereka berjuang untuk menggapai cita-citanya.

Merry Riana, seorang entrepreneur, investor, dan  content creator turut didapuk menjadi aktris pertunjukan Benih yang Bernilai.

Merry mengatakan bahwa dirinya sangat suka dan juga sering menonton drama musikal, baik di luar negeri maupun di dalam negeri khususnya di Ciputra Artpreneur.

”Jadi ketika pertama kali saya diajak untuk ikut serta dan mengambil peran dalam drama musikal, tentu saja rasanya senang sekali. Apalagi di drama musikal ini saya berkesempatan untuk melibatkan putri saya," ujarnya.

Drama musikal Benih yang Bernilai dibuat khusus dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Di mana drama musikal ini memiliki konten dengan benih-benih yang baik dan ditujukan khusus untuk anak-anak Indonesia.

Undangannya pun dibuat untuk 1000 anak panti lintas agama. Sehingga memberikan kesempatan kepada mereka (anak-anak panti) untuk bisa menonton secara langsung sebuah pertunjukan drama musikal di Ciputra Artpreneur.

Lukman Sardi, aktor pertunjukkan Benih Yang Bernilai mengatakan, keterlibatannya di sini tentunya sebagai pemain, saya berperan sebagai bapak asuh dari anak panti. Mengapa saya tertarik untuk ikut berperan karena saya melihat cerita yang dibuat itu sangat menarik, selain itu sebuah pertunjukkan yang melibatkan anak di indonesia itu sangat jarang sekali.

"Di samping itu alur ceritanya pun menarik, sangat mendidik bagi anak-anak. Harapan saya untuk anak indonesia, bisa lebih bertumbuh dan merepresent indonesia itu sendiri.

"Dan, tentunya menjadi anak-anak yang cerdas, fun, aktif dan berani mengambil risiko yang memunculkan generasi masa depan yang jauh lebih baik dari sekarang," ucap Lukman Sardi.

Baca Juga: Siap Tayang 6 Mei di Netflix, Ini Bocoran Serial Korea The Sound of Magic

Selain Merry Riana dan Lukman Sardi, penyanyi juga ditunjuk menjadi aktris pertunjukan Benih Yang Bernilai.

Ia mengungkapkan yang menantang dalam peran ini adalah mendalami dan menghayati peran sebagai anak yatim piatu. Menjaga hati utk selalu ceria agar pesan moral tersampaikan bahwa setiap anak dpt punya mimpi yg tinggi dan cita-cita meskipun dengan segala keterbatasannya. Ia menambahkan

”Tuhan tidak tidur , semangat adik-adik dalam berjuang menggapai cita-cita mempunyai mimpi tinggi dan kerja keras tentunya berdoa , berusaha untuk mewujudkannya.”

Penyanyi cilik Quinn Salman juga turut andil dalam pertunjukan Benih Yang Bernilai. Tantangannya pasti lumayan besar, karena di saat libur sekolah ia justru banyak event dan show yang memang waktunya kadang bersamaan dengan latihan, tapi karna ia suka sekali dengan musikal dan latihan bersama Rara sahabatnya jadi komitmen untuk latihan dan mengatur jadwal sebaik mungkin agar persiapannya lancar.

”Hal yang tidak terlupakan di show ini adalah niat aku dan teman teman semua untuk menghibur, dan menampilkan pertunjukkan yang indah untuk teman-teman panti. Semoga semuanya bisa terhibur dan ikut bernyanyi menari bersama kami, Aku berterima kasih banget dalam momen Hari Anak Nasional. Aku bisa mempersembahkan hadiah yang tak terlupakan nantinya, apalagi di sini aku dapat kesempatan bermain bersama aktor hebat Om Lukman Sardi dan Mrs Merry Riana, pengalaman dilatih akting juga, dan koreo indah oleh Ka Gigi dari Gigi Art Of Dance yang keren banget, terima kasih Bu Wawa mengajakku bermain di Musikal ini,” pungkasnya.

(*)

 


Terkini Lainnya

Pengusaha Pemula Wajib Tahu, Ini Sumber Modal Bisnis dan Strategi Dapatkan Pendanaan

Pengusaha Pemula Wajib Tahu, Ini Sumber Modal Bisnis dan Strategi Dapatkan Pendanaan

PARAPUAN
3 Cara Bijak Kumpulkan Dana Pendidikan Anak dan Strategi Melakoninya

3 Cara Bijak Kumpulkan Dana Pendidikan Anak dan Strategi Melakoninya

PARAPUAN
Praktis Dipakai, Ini Rekomendasi Sepatu Nyaman untuk Jalan Kaki

Praktis Dipakai, Ini Rekomendasi Sepatu Nyaman untuk Jalan Kaki

PARAPUAN
Kulit Kepala Berminyak dan Ketombean? Ini Rekomendasi Perawatannya

Kulit Kepala Berminyak dan Ketombean? Ini Rekomendasi Perawatannya

PARAPUAN
 Studi BCG dan Stellar Women: 70 Persen Perempuan Pelaku UMKM Kesulitan Mencari Mentor dalam Berbisnis

Studi BCG dan Stellar Women: 70 Persen Perempuan Pelaku UMKM Kesulitan Mencari Mentor dalam Berbisnis

PARAPUAN
Netflix Rilis Jadwal Tayang dan Trailer Film Monster, Full Tanpa Dialog

Netflix Rilis Jadwal Tayang dan Trailer Film Monster, Full Tanpa Dialog

PARAPUAN
Rekomendasi Hotel Bintang 5 untuk “Me Time” di Jakarta

Rekomendasi Hotel Bintang 5 untuk “Me Time” di Jakarta

PARAPUAN
Ikuti Tren, Ganti Cat Rumah dengan Warna-warna yang Sedang Populer Ini

Ikuti Tren, Ganti Cat Rumah dengan Warna-warna yang Sedang Populer Ini

PARAPUAN
Panduan Memakai Silicone Sealant untuk Atasi Kebocoran dan Keretakan di Rumah

Panduan Memakai Silicone Sealant untuk Atasi Kebocoran dan Keretakan di Rumah

PARAPUAN
3 Tokoh Perempuan Kuat di Film Indonesia, Ada Sosok Anggini di Wiro Sableng

3 Tokoh Perempuan Kuat di Film Indonesia, Ada Sosok Anggini di Wiro Sableng

PARAPUAN
Tampil Modis dan Fashionable dengan Padu Padan Baju Setelan

Tampil Modis dan Fashionable dengan Padu Padan Baju Setelan

PARAPUAN
Rahasia Kulit Glowing: Rajin Sarapan dengan 5 Makanan Ini

Rahasia Kulit Glowing: Rajin Sarapan dengan 5 Makanan Ini

PARAPUAN
Berapa Lama Hair Botox Bisa Atasi Masalah Rambut? Ini Jawabannya

Berapa Lama Hair Botox Bisa Atasi Masalah Rambut? Ini Jawabannya

PARAPUAN
Liburan ke Jogja Pertama Kali, Wajib Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini

Liburan ke Jogja Pertama Kali, Wajib Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini

PARAPUAN
Jangan Tergiur Harga Murah! Ini  Bahaya Pakai Behel Abal-abal

Jangan Tergiur Harga Murah! Ini Bahaya Pakai Behel Abal-abal

PARAPUAN
Kronologi Anissa Aziza Diikuti Orang Tak Dikenal Saat Belanja Sendirian di Mall

Kronologi Anissa Aziza Diikuti Orang Tak Dikenal Saat Belanja Sendirian di Mall

PARAPUAN
Cerita Aktris Perjuangkan Kariernya, Intip Sinopsis Drakor Beauty and Mr. Romantic

Cerita Aktris Perjuangkan Kariernya, Intip Sinopsis Drakor Beauty and Mr. Romantic

PARAPUAN
Komunitas e-Sport Ro8 Sediakan Fasilitas Belajar hingga Bersosialisasi Antar Gamers

Komunitas e-Sport Ro8 Sediakan Fasilitas Belajar hingga Bersosialisasi Antar Gamers

PARAPUAN
Sambut Hari Lebaran, Astra Otoshop Bagi-bagi Hadiah Lewat Program Ramadhan Ekstra

Sambut Hari Lebaran, Astra Otoshop Bagi-bagi Hadiah Lewat Program Ramadhan Ekstra

PARAPUAN
Segar untuk Buka Puasa, Simak Tips Mudah Bikin Hwachae Minuman ala Korea

Segar untuk Buka Puasa, Simak Tips Mudah Bikin Hwachae Minuman ala Korea

PARAPUAN
Rawda Umroh Bandung Hadirkan Paket Umrah dengan Harga Ramah di Kantong

Rawda Umroh Bandung Hadirkan Paket Umrah dengan Harga Ramah di Kantong

PARAPUAN
Dewangga Jogja Sediakan Jasa Travel Umrah yang Terjangkau, Ini Daftar Paketnya

Dewangga Jogja Sediakan Jasa Travel Umrah yang Terjangkau, Ini Daftar Paketnya

PARAPUAN
Rayakan Hari Autisme Sedunia, Ini 3 Kisah Kreator Beri Edukasi Autisme pada Masyarakat

Rayakan Hari Autisme Sedunia, Ini 3 Kisah Kreator Beri Edukasi Autisme pada Masyarakat

PARAPUAN
Ini Rekomendasi Tempat Sewa Baju Lebaran Mewah, Harga Lebih Terjangkau

Ini Rekomendasi Tempat Sewa Baju Lebaran Mewah, Harga Lebih Terjangkau

PARAPUAN
Rekomendasi Tempat Olahraga Outdoor Populer di Jakarta untuk Isi Akhir Pekan

Rekomendasi Tempat Olahraga Outdoor Populer di Jakarta untuk Isi Akhir Pekan

PARAPUAN
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com