Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Tips Menjaga Koneksi Internet Agar Tetap Stabil untuk Bisnis

Kompas.com - 14/04/2023, 12:25 WIB
Koneksi internet yang stabil dibutuhkan untuk menunjang kelancaran bisnis. ShutterstockKoneksi internet yang stabil dibutuhkan untuk menunjang kelancaran bisnis.
Editor Sheila Respati

Parapuan.co – Koneksi internet memainkan peran penting untuk mendukung berjalannya bisnis. Pasalnya, jika koneksi internet terganggu, pekerjaan karyawan dapat terhambat sehingga kegiatan operasional tidak berjalan semestinya.

Untuk menjaga agar koneksi internet tetap stabil, Kawan Puan perlu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan internet. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

1.     Jenis perangkat yang digunakan

Spesifikasi perangkat, seperti hard diskrandom access memory (RAM), dan prosesor cukup berpengaruh terhadap kecepatan internet.

Perangkat yang usianya sudah lama biasanya memiliki koneksi lebih lambat karena tidak dapat mendukung jaringan internet terbaru, seperti 4G dan 5G.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Online untuk Dukung Amalan di Bulan Ramadan

Oleh sebab itu, demi kelancaran bisnis, Kawan Puan sebaiknya menggunakan perangkat dengan spesifikasi terkini. Tak harus mahal, asalkan perangkat tersebut sudah mampu mendukung minimal koneksi 4G.

2.     Kecepatan bandwidth

Selanjutnya, faktor yang memengaruhi kecepatan internet adalah kecepatan bandwidth. Untuk diketahui, bandwidth adalah cakupan frekuensi yang diterima oleh medium transmisi dalam satuan waktu megabyte per second atau Mbps.

Jika angka bandwidth kecil, maka koneksi internet cenderung lambat. Dengan demikian, Kawan Puan perlu memilih koneksi internet yang menawarkan kecepatan bandwidth yang besar.

Misalnya saja seperti paket wifi yang disediakan oleh Link Net. Kawan Puan dapat memilih berbagai paket wifi dengan jaringan yang stabil dan kecepatan bandwidth besar untuk memperlancar kegiatan bisnis.

Baca Juga: Anti Ribet, Begini Cara Mengatasi VPN yang Sering Disconnect

3.     Jenis jaringan komunikasi

Jaringan komunikasi yang digunakan pada jaringan internet bermacam-macam, antara lain GSM, CDMA, GPRS, HSDPA, dan line telephone. Jenis jaringan komunikasi dengan kecepatan paling rendah adalah line telephone, sedangkan yang paling cepat adalah GSM.

4.     Tumpukan cache pada browser

Tanpa disadari, cache yang menumpuk pada history browser juga dapat memengaruhi kecepatan internet. Hal ini karena tumpukan cache dapat membuat perangkat bekerja lebih keras, sehingga membuat koneksi internet kurang stabil.

5.       Lokasi usaha

Kecepatan internet juga dapat dipengaruhi oleh lokasi usaha. Misalnya, lokasi usaha terletak di daerah yang belum mendukung jaringan 4G sehingga perangkat sulit menerima sinyal untuk mengakses internet.

Oleh sebab itu, pemilik usaha sebaiknya memilih lokasi usaha yang dapat mendukung jaringan internet maupun wifi dengan baik guna menjaga kelancaran kegiatan operasional bisnis setiap hari.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Kuota Internet, Salah Satunya Nonaktifkan Fitur Ini

6.     Jumlah perangkat yang terhubung

Pada sebuah kantor, biasanya ada puluhan atau bahkan ratusan perangkat yang terhubung secara bersamaan ke satu jaringan wifi pusat. Semakin banyak perangkat tersambung, biasanya koneksi internet semakin tidak stabil.

Penurunan kecepatan wifi pada umumnya terjadi pada jam kerja, mulai pukul 08.00 hingga 11.00 atau sekitar sore hari sebelum waktu pulang kerja. Lain halnya pada waktu senggang, biasanya koneksi internet akan menjadi lebih cepat karena jarang ada yang menggunakan.

Tips menjaga koneksi internet agar tetap stabil

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi kecepatan internet, Kawan Puan juga perlu mengetahui tips menjaga koneksi internet agar tetap stabil.

Hal ini dilakukan agar pekerjaan karyawan tidak terhambat akibat koneksi internet yang buruk. Yuk, simak tips berikut!

Baca Juga: Memahami Fungsi dan Cara Kerja Router agar Internet di Rumah Makin Lancar

1.     Atur penggunaan bandwidth

Cara pertama untuk mempercepat jaringan internet agar lebih stabil adalah mengatur penggunaan bandwidth. Misalnya, membagi jatah bandwidth untuk masing-masing divisi di kantor.

Sebagai contoh, divisi marketing umumnya membutuhkan akses internet yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan. Maka, divisi tersebut perlu diberikan kuota bandwidth yang lebih besar dibandingkan divisi lain yang tidak terlalu bergantung pada akses internet.

2.     Mengganti perangkat dan melakukan perawatan

Jika koneksi internet di kantor tidak stabil, tetapi perangkat wifi tidak bermasalah, Kawan Puan dapat melakukan penggantian perangkat lama, terutama yang hanya mendukung jaringan 3G saja.

Lagipula, perangkat yang berusia tua biasanya juga sering bermasalah pada bagian hardware maupun software-nya sehingga mengganggu produktivitas sehari-hari.

Setelah perangkat diganti dengan yang baru, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala pada perangkat. Jika perangkat mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, segera cek bersama teknisi untuk mencegah adanya kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga: Hari Internet Aman Sedunia, Instagram Luncurkan 5 Komitmen Jaga Keamanan Pengguna

3.     Rutin menghapus cache pada browser

Seperti diketahui, cache dapat memperlambat kinerja browser dan mempengaruhi kestabilan koneksi wifi. Untuk mencegah hal tersebut, Kawan Puan sebaiknya rutin menghapus cache pada browser minimal 1-2 kali dalam satu bulan.

Membuka terlalu banyak tab dapat memperlambat kinerja browser dan membuat koneksi internet kurang stabil. Oleh sebab itu, karyawan disarankan untuk menggunakan browser yang lebih efisien, seperti Opera, Qutebrowser, dan Midori.

Meskipun tak sepopuler Google Chrome dan FireFox, ketiga browser tersebut lebih efisien karena tak memakan terlalu banyak data. Apabila terpaksa harus menggunakan browser seperti Chrome dan FireFox, pastikan rutin membersihkan cache demi menjaga kestabilan koneksinya.

4.     Gunakan browser yang lebih efisien

Sering kali, karyawan tanpa sadar membuka banyak tab browser sekaligus saat sedang bekerja, baik untuk mencari informasi maupun referensi terkait tugas pekerjaan.

Baca Juga: MEA Digital Marketing Tawarkan Kunci Sukses Berjualan Online Lewat Layanan Ini 

5.     Reset router

Kawan Puan mungkin sering mengalami jaringan wifi di kantor tiba-tiba lambat dan putus-putus. Saat hal ini terjadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengistirahatkan router sementara waktu, yakni dengan melakukan reset router.

Melakukan reset router cukup efektif untuk menstabilkan koneksi wifi kembali. Lakukan hal ini setidaknya satu atau dua kali dalam sebulan.

6.     Upgrade kecepatan internet

Cara mempercepat jaringan internet paling efektif adalah melakukan upgrade kecepatan internet. Terlebih, tingkat kecepatan internet bisa berkurang seiring dengan bertambahnya perangkat baru yang terhubung di kantor.

Misalnya, jika sebelumnya kecepatan internet 50 Mbps masih tergolong cukup, tetapi tiba-tiba menjadi lambat. Maka tak ada salahnya Kawan Puan melakukan upgrade koneksi ke kecepatan yang lebih tinggi, misalnya 100 Mbps atau lebih.

7.     Pilih jaringan wifi dengan koneksi stabil untuk bisnis

Tak hanya itu, Kawan Puan juga perlu memastikan bahwa modem atau router yang digunakan mendukung jaringan 4G LTE. Saat ini, jaringan 4G LTE menjadi salah satu jenis jaringan paling cepat.

Sebagai rekomendasi, Kawan Puan dapat memilih Link Net karena provider tersebut sudah menghadirkan koneksi internet cepat yang mendukung jaringan 4G LTE. Link Net cocok digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis dan perkantoran.

Baca Juga: Ini Tips Perkuat Keamanan Password Akun di Internet, Apa Saja?

8.     Rutin lakukan scanning virus

Untuk meningkatkan koneksi internet agar lebih cepat dan stabil, Kawan Puan juga perlu rutin melakukan scanning virus pada perangkat.

Virus, termasuk malware, yang menyerang perangkat akan merugikan perusahaan karena dapat mencuri data-data penting, merusak kinerja perangkat, serta mengganggu kestabilan jaringan karena dapat menyedot banyak data internet.

Selain rutin melakukan scanning perangkat, Kawan Puan juga dapat memasang antivirus pada setiap perangkat di kantor untuk mencegah adanya serangan siber.

Nah, itulah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan jaringan internet bisnis agar kegiatan operasional dapat berjalan lancar. Tak kalah penting, gunakan layanan penyedia jaringan internet berkualitas terbaik demi kelancaran bisnis Kawan Puan.


Terkini Lainnya

Kolaborasi dengan Henny Harun, Skindoze Luncurkan HIT REWIND! Granactive Retinoid Night Serum

Kolaborasi dengan Henny Harun, Skindoze Luncurkan HIT REWIND! Granactive Retinoid Night Serum

PARAPUAN
Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Kongres Intercolor Edisi Spring/Summer 2026

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Kongres Intercolor Edisi Spring/Summer 2026

PARAPUAN
Liburan Hemat! Begini Tips Booking Kamar Hotel dengan Harga Promo

Liburan Hemat! Begini Tips Booking Kamar Hotel dengan Harga Promo

PARAPUAN
Ilmuwan Perempuan Lawan Diskriminasi, Ini Sinopsis Lessons in Chemistry

Ilmuwan Perempuan Lawan Diskriminasi, Ini Sinopsis Lessons in Chemistry

PARAPUAN
Punya Mobilitas Tinggi, Pengendara Perempuan Kini Bisa Lebih Tenang Karena 10 Fitur Mitsubishi Xforce Ini

Punya Mobilitas Tinggi, Pengendara Perempuan Kini Bisa Lebih Tenang Karena 10 Fitur Mitsubishi Xforce Ini

PARAPUAN
Terasa Ringan, Ini Rekomendasi Water Based Foundation dari Brand Lokal

Terasa Ringan, Ini Rekomendasi Water Based Foundation dari Brand Lokal

PARAPUAN
Bisa Pakai Pulsa, Begini Cara Top Up Diamond Free di MiracleGaming.Store

Bisa Pakai Pulsa, Begini Cara Top Up Diamond Free di MiracleGaming.Store

PARAPUAN
Punya Banyak Manfaat, Ini Dia Keuntungan Membeli Kursi Taman Besi

Punya Banyak Manfaat, Ini Dia Keuntungan Membeli Kursi Taman Besi

PARAPUAN
Trik Dapat Tiket Pesawat Murah dengan Promo di Traveloka

Trik Dapat Tiket Pesawat Murah dengan Promo di Traveloka

PARAPUAN
Ini Alasan Iron Mascara yang Viral di TIkTok Disukai Banyak Orang

Ini Alasan Iron Mascara yang Viral di TIkTok Disukai Banyak Orang

PARAPUAN
4 Drakor Bertema Keluarga yang Cocok Ditonton, Ada The Good Bad Mother

4 Drakor Bertema Keluarga yang Cocok Ditonton, Ada The Good Bad Mother

PARAPUAN
Intip Keseruan Berwisata di Kapal Pesiar dengan Rute Internasional

Intip Keseruan Berwisata di Kapal Pesiar dengan Rute Internasional

PARAPUAN
6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan,  Viral Bantu Turunkan Berat Badan

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Viral Bantu Turunkan Berat Badan

PARAPUAN
Tak Cuman Bantu Dokter, Yuk Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab Profesi Perawat

Tak Cuman Bantu Dokter, Yuk Ketahui Tugas dan Tanggung Jawab Profesi Perawat

PARAPUAN
Mengenal Istilah Femisida yang Berhubungan Erat dengan Pembunuhan terhadap Perempuan

Mengenal Istilah Femisida yang Berhubungan Erat dengan Pembunuhan terhadap Perempuan

PARAPUAN
Belajar dari Pembunuhan Miss Ecuador, Ini Bahaya Share Lokasi Real Time di Medsos

Belajar dari Pembunuhan Miss Ecuador, Ini Bahaya Share Lokasi Real Time di Medsos

PARAPUAN
Ajari Anak Bisnis Sejak Kecil, Ini 3 Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Dicoba

Ajari Anak Bisnis Sejak Kecil, Ini 3 Usaha Kecil-kecilan yang Bisa Dicoba

PARAPUAN
Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar Group Terima 11 Spesies Tanaman Langka dari BRIN

Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar Group Terima 11 Spesies Tanaman Langka dari BRIN

PARAPUAN
4 “Senjata” yang Perlu Dibawa Agar Perjalanan ke Kantor Aman dan Nyaman

4 “Senjata” yang Perlu Dibawa Agar Perjalanan ke Kantor Aman dan Nyaman

PARAPUAN
Nikmati Pemandang Indah, Ini 3 Rekomendasi Wisata Alam di Brasil

Nikmati Pemandang Indah, Ini 3 Rekomendasi Wisata Alam di Brasil

PARAPUAN
Hadapi Polusi dan Radikal Bebas Selama Commuting, Ini Tipsnya

Hadapi Polusi dan Radikal Bebas Selama Commuting, Ini Tipsnya

PARAPUAN
Ini Mimpi Dr. Widiastuti Setyaningsih, Peneliti yang Ungkap Tabir Alam Lewat Teknologi Pangan

Ini Mimpi Dr. Widiastuti Setyaningsih, Peneliti yang Ungkap Tabir Alam Lewat Teknologi Pangan

PARAPUAN
Inarah Syarafina Debut Penyutradaraan Film Panjang Lewat Temurun

Inarah Syarafina Debut Penyutradaraan Film Panjang Lewat Temurun

PARAPUAN
Perdebatan Man VS Bear Viral di TikTok, Ini Alasan Perempuan Lebih Memilih Beruang

Perdebatan Man VS Bear Viral di TikTok, Ini Alasan Perempuan Lebih Memilih Beruang

PARAPUAN
Cocok untuk Perempuan Karier, Ini Rekomendasi Parfum Pilihan PARAPUAN

Cocok untuk Perempuan Karier, Ini Rekomendasi Parfum Pilihan PARAPUAN

PARAPUAN
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com