Sebaik-baik Manusia adalah yang Bermanfaat buat Sesama

Kompas.com - 13/09/2011, 05:31 WIB
Editor

 Pengantar Redaksi

Man jadda wajada. Kata mutiara sederhana yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil itu menjadi penting di tangan Ahmad Fuadi (38). Dengan ”jimat” itu, pekerja sosial dan mantan wartawan tersebut menuai sukses dalam kariernya sebagai penulis. Dua dari trilogi novelnya yang sudah beredar, Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna, mendapat sambutan luar biasa.

Spirit man jadda wajada itu kini dia tularkan, tidak melulu melalui novel atau tulisan, tetapi juga bergiat di pendidikan orang tidak mampu. Lewat Komunitas Menara yang berbasis relawan (volunteer), Fuadi bercita-cita menyediakan sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan dapur umum secara gratis bagi kalangan yang tidak mampu.

Kini, Negeri 5 Menara yang mendapat penghargaan Anugerah Pembaca Indonesia 2010 difilmkan Million Picture dan KG Production.

Fuadi merasa inilah jalan hidupnya, menulis dan menjadi pembicara untuk berbagi.

Kira-kira film Negeri 5 Menara sebagus yang di novelnya enggak, ya? Soalnya, kan, banyak film yang diangkat dari novel, tapi banyak penggemar novelnya sedikit kecewa setelah menyaksikan filmnya.

(Simple Yhe, xxxx@yahoo.com)

Sebetulnya film dan novel adalah dua karya berbeda sehingga sulit dibandingkan. Novel saya 405 halaman, sedangkan durasi film hanya sekitar 1,5 jam sehingga tidak mungkin semua cerita novel akan masuk ke dalam film. Selain itu, dalam proses adaptasi, penulis skenario, Salman Aristo, menambah dan mengurangi cerita untuk memperkuat alur cerita. Walau begitu, semangat man jadda wajada di novel semoga tetap berdenyut kuat di film ini. Bagi saya, yang terpenting adalah bagaimana novel dan film saya ini bisa bermanfaat dan menyemangati. Saya ingin mengamalkan petuah Nabi Muhammad SAW, ”Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain.”

Saya termasuk pembaca yang banyak mendapat inspirasi dari buku Mas Fuadi.

Halaman Selanjutnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar