Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Tanah Air Jagokan Tiga Tim untuk Tampil Kuat di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 16/02/2022, 16:16 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tiga tim dijagokan tampil kuat pada pagelaran MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022 nanti. Penilaian tersebut datang dari hasil tes pramusim akhir pekan lalu dan juga kesesuaian karakteristik motor tiap tim dengan Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika telah sukses menggelar tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

Kendati para rider sempat menemui kendala sebagian lintasan yang kotor dan berlumpur pada hari pertama, secara keseluruhan MotoGP mengakui feedback dari para rider dan tim terkait layout dan faktor keselamatan lintasan sangatlah positif.

Hal serupa juga diutarakan oleh pengamat otomotif senior, Arief Kurniawan. Mantan Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA tersebut mengatakan bahwa balapan MotoGP Mandalika pada 20 Maret 2022 nanti bakal berlangsung sengit.

"Secara umum sesi tes berlangsung oke," ujarnya kepada Kompas.com pada Rabu (16/2/2022)."

"Rider dan tim lebih maksimal di Mandalika ketimbang di Sepang."

Baca juga: Pengamat Tanah Air Puji Langkah Cepat untuk Benahi Sirkuit Mandalika

"Pertandanya adalah lap times yang terus membaik selama tiga hari pagelaran tes, walau hari pertama tentu saja turun hujan."

"Bagusnya lagi, secara umum, para pebalap hanya terpisahkan tipis sejak hari pertama ke ketiga. MotoGP Mandalika nanti menjanjikan balapan seru di mana semua rider bisa kompetitif," tutur pria yang menjadi komentator siaran televisi saat Indonesia terakhir menjadi tuan rumah MotoGP pada 1996 dan 1997 ini.

"Satu lagi bukti sukses, banyak pebalap melakukan simulasi lomba dan berlangsung tanpa masalah serta dengan mencatatkan waktu lap-lap kompetitif."

Bergeser ke tim-tim peserta MotoGP Mandalika nanti, Arief mengutarakan hasil pramusim merupakan representatif terhadap keunggulan yang bakal dimiliki masing-masing pabrikan saat balapan nanti.

"Honda paling ditakuti," ujarnya, mengacu ke catatan waktu terbaik lintasan yang ditorehkan Pol Espargaro pada hari ketiga tes (1 menit 31,060 detik).

"Kalau Pol bisa seperti itu apalagi Marc Marquez?"

"Memang Marquez kita bisa lihat apa yang dia lakukan di Mandalika bukan mencari waktu tercepat melainkan melakukan simulasi balapan," lanjut Arief.

Baca juga: Kontraktor Sirkuit Mandalika Bantah Material Lokal yang Digunakan Tak Sesuai Spesifikasi

"Ia fokus ke pengembangan untuk mencatatkan waktu lap konsisten. Namun, waktu yang dia buaat sangat kompetitif."

"Bagi saya, tim yang paling sukses selama tes pramusim di Mandalika kemarin adalah Honda, kedua Yamaha, lalu Suzuki," tuturnya menambahkan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com