Sejarah Valentino Rossi di Kelas Premier, 3 Tim dalam 22 Musim

Kompas.com - 26/09/2020, 19:49 WIB
Valentino Rossi berhasil meraih podium (finis di urutan ketiga) pada MotoGP Andalusia 2020. AFP/JAVIER SORIANOValentino Rossi berhasil meraih podium (finis di urutan ketiga) pada MotoGP Andalusia 2020.

KOMPAS.com - Valentino Rossi akan memulai petualangan baru dengan bergabung bersama tim satelit Petronas Yamaha SRT pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

Perpindahan ke tim asal Malaysia tersebut tersebut akan menjadi kali pertama Valentino Rossi pindah tim sejak kembali ke Yamaha dari Ducati pada musim 2013.

Kendati sudah menghabiskan dua dekade lebih di kelas premier MotoGP, Rossi tak banyak berganti tim.

Baca juga: RESMI - Valentino Rossi Bergabung dengan Petronas Yamaha SRT

Petronas Yamaha SRT barulah tim ketiga The Doctor semenjak ia membalap di kelas premier pada 2000.

Berikut adalah sejarah kepindahan Valentino Rossi di kelas premier MotoGP:

Nastro Azzurro Honda ke Repsol Honda (2002)

Juara dunia 500 cc, Valentino Rossi, membalap bersama tim Repsol Honda pada musim pertama era MotoGP pada 2002.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Juara dunia 500 cc, Valentino Rossi, membalap bersama tim Repsol Honda pada musim pertama era MotoGP pada 2002.

Nastro Azzurro Honda merupakan tim pertama Valentino Rossi di kelas premier.

Tim tersebut berganti nama dan livery menjadi tim pabrikan Honda dengan dukungan penuh HRC (Honda Racing Corporation).

Ia menuntaskan musim pertamanya di era MotoGP dengan finis tempat kedua. Catatan istimewanya adalah memenangi delapan dari sembilan balapan pertama musim.

Rossi lalu menorehkan tiga gelar Kejuaraan Dunia secara beruntun sebelum pindah ke Yamaha.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X