Cetak Sejarah di MotoGP, Brad Binder Ungguli Valentino Rossi

Kompas.com - 09/08/2020, 22:28 WIB
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing dari Afrika Selatan Brad Binder (depan) pada MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 9 Agustus 2020. AFP/JOE KLAMARPebalap Red Bull KTM Factory Racing dari Afrika Selatan Brad Binder (depan) pada MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada 9 Agustus 2020.

KOMPAS.com - Pebalap berkebangsaan Afrika Selatan, Brad Binder, melunasi salah satu mimpinya dengan berdiri di podium utama MotoGP Ceko.

Brad Binder ( Red Bull KTM Factory Racing) finis di urutan pertama dengan total waktu 41 menit 38,764 detik pada Minggu (9/8/2020) di Sirkuit Brno.

Kemenangan Brad Binder memecahkan berbagai sejarah dalam dunia MotoGP, termasuk mengungguli catatan Valentino Rossi.

Di antaranya seperti pebalap asal Afrika Selatan pertama yang bisa berada di podium utama hingga kemenangan pertama bagi KTM sejak pabrikan Austria itu tampil di MotoGP pada balapan akhir musim 2016.

Baca juga: Beda Nasib Brad Binder dan Alex Marquez pada MotoGP Ceko 2020

"Ini adalah hari yang saya impikan sejak saya masih kecil. Saat ini saya kehilangan kata-kata," ucap Brad Binder usai juara di MotoGP Ceko.

Bukan hal mengherankan jika ekspresi haru terlihat saat lagu kebangsaan Afrika Selatan berkumandang di Sirkuit Brno.

Melansir BolaSport, pebalap kelahiran 11 Agustus 1995 tersebut telah mengantongi satu modal penting untuk menjadi juara MotoGP berikutnya jika melihat dari sisi sejarah.

Sebab, Binder menorehkan sejarah langka sebagai pebalap yang berhasil mencetak kemenangan pada musim debutnya di MotoGP.

Baca juga: Juara MotoGP Ceko 2020, Ini Kata Pertama yang Diucapkan Brad Binder

Semenjak era MotoGP dimulai pada 2002, hampir semua juara dunia adalah rider yang mampu mencetak kemenangan pada musim debutnya.

Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, mencetak kemenangan pertama pada balapan keduanya di MotoGP, tepatnya di Austrin, Amerika Serikat, pada 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X