Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Musisi Ikut Beasiswa Riset LPDP, Once Mekel Berharap Dapat Dimanfaatkan dengan Baik

Kompas.com - 16/04/2023, 20:57 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai ketua acara perayaan Hari Musik Nasional 2023, penyanyi Once Mekel berharap program beasiswa dan riset musik hasil kerja sama LPDP, Kemendikbudristek, dan PAPPRI dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh musisi Indonesia.

Ia berharap musisi mau berusaha untuk menunjukkan kemampuan bermusik lebih baik.

"Saya kira banyak teman-teman yang ingin mendapatkan kesempatan ini, ingin memiliki skill dan kemampuan yang lebih tinggi," ucap Once usai konferensi pers di kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Dilarang Ahmad Dhani, Once: Gue Juga Enggak Berminat Bawain Lagu Dewa Banyak-banyak

Ia yakin kemampuan yang meningkat akan memengaruhi kualitas musik yang diciptakan.

"Kemampuan yang lebih tinggi akan membuka cakrawala penjelajahan seni yang lebih baik untuk musisi atau pencipta lagu," ujar Once.

"Teknik yang lebih tinggi, kemampuan yang lebih hebat itu membuka fleksibilitas dalam berkarya dan kita berharap apa yang bisa disuguhkan para penikmat musik etnik dan kontemporer itu seimbang," lanjut Once.

Baca juga: Ungkap Hubungan dengan Ahmad Dhani Saat Ini, Once: Kayak Hubungan Antar Negara

Dengan begitu, ia yakin masyarakat Indonesia bisa melihat peningkatan dan lebih mengapresiasi apa yang disuguhkan insan musik Tanah Air.

Program beasiswa dan riset ini sudah lama disiapkan LPDP dan Kemendikbudristek namun masih jarang dipergunakan oleh anak bangsa.

Maka itu, melalui acara bertajuk Musik Indonesia Keren edisi Ramadhan yang menjadi perayaan Hari Musik Nasional 2023, ketiga lembaga kembali mensosialisasikannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com