Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2023, 07:39 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengetahui nama presenter Raffi Ahmad dikait-kaitkan dengan adanya artis inisial R yang terlibat dalam pusaran kasus pencucian uang Rafael Alun Trisambodo, pengacara Hotman Paris turut buka suara untuk membela sahabatnya. 

Semakin melebarnya kasus pencucian uang pejabat pajak Rafael Alun hingga turut menyeret nama Raffi Ahmad, membuat Hotman berpesan pada Raffi.

"Nasihat saya ke dia, pakai gaya Hotman Paris, 3A, Amati, kumpulkan bukti-bukti maksudnya, Analisa, baru yang ketiga Attack, serang secara hukum," kata Hotman dikutip dari video Instagram @hotmanparisofficial.

"3A, itu yang saya terapkan dalam menghadapi seluruh fitnahan terhadap saya," lanjutnya.

Baca juga: Respons Nagita Slavina soal Raffi Ahmad Dikait-kaitkan dengan Artis Inisial R yang Diduga Terlibat Kasus Pencucian Uang Rafael Alun

Hotman juga berpendapat, tidak ada alasan untuk Raffi merasa takut dengan kabar yang beredar di media sosial.

"Tidak ada alasan bagi Raffi Ahmad atau Hotman Paris untuk takut pada musuh-musuh, tidak ada alasan, kecuali memang kalau kami melakukan kesalahan," ucap Hotman.

Hanya saja memang, mereka tidak mau bertindak gegabah menanggapi tudingan yang semakin ramai beredar di media sosial.

"Dari segi power, baik hukum maupun finansial, kami tidak ada alasan untuk takut pada siapapun. Tapi harus memakai otak," tegasnya.

"Kalau untuk takut, aduh, enggak ada alasan untuk takut siapapun. 3A, amati, analisa, attack," tutur Hotman.

Baca juga: Hotman Paris Langsung Telepon Raffi Ahmad Usai Ramai soal Artis R Diduga Terlibat Kasus Pencucian Uang Rafael Alun

Hotman diketahui menghubungi langsung Raffi Ahmad setelah beredar kabar yang menyebut artis inisial R yang terlibat dalam kasus pencucian uang Rafael, ramai diduga adalah Raffi Ahmad.

"Saya barusan (langsung) telepon Raffi Ahmad," ujar Hotman dalam video yang diunggah di Instagram-nya, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (1/4/2023).

Saat dikonfirmasi, kata Hotman, Raffi Ahmad mengaku tidak mengenal Rafael Alun.

Raffi juga sudah menegaskan bahwa ia tidak ada hubungan dengan Rafael Alun. Sebagai sahabat, Hotman Paris menegaskan bahwa Raffi Ahmad tidak ada kaitannya dengan Rafael Alun.

"Kata Raffi Ahmad dia tidak mengenal Rafael, tidak ada hubungan bisnis sama sekali," kata Hotman Paris.

"Jadi berita viral yang inisial R seolah-olah punya join bisnis dengan Rafael itu tidak benar, bukan Raffi Ahmad," imbuhnya.

 Hotman Paris itu langsung dikomentari Raffi Ahmad. Raffi Ahmad mengucapkan terima kasih karena ia dibantu mengklarifikasi berita yang beredar.

"Makasih bang @hotmanparisofficial udah bantu klarifikasi," tulis Raffi Ahmad di kolom komentar dengan emoticon telapak tangan menyatu dan hati.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dr. Hotman Paris SH M.Hum (@hotmanparisofficial)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com