Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Titanic, Avatar: The Way Of Water Jadi Film Terlaris Ketiga Sepanjang Masa

Kompas.com - 20/02/2023, 20:10 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film garapan James Cameron, Avatar: The Way of Water, berhasil menggeser Titanic dari posisi ketiga film terlaris sepanjang masa.

Dilansir Variety pada Senin (20/2/2023), sekuel Avatar itu mengumpulkan 2,24 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 36,3 triliun dari box office global.

Angka itu membuat Titanic yang telah mengumpulkan 2,24 miliar dollar AS turun ke posisi empat dari daftar film terlaris.

Baca juga: James Cameron Rajai Box Office dengan Titanic dan Avatar: The Way of Water

Kini, Avatar: The Way of Water berada di posisi tiga di bawah Avengers: Endgame dengan capaian 2,7 miliar dolar AS dan Avatar 1 dengan raihan 2,92 miliar dolar AS di bioskop global.

James Cameron mencatat sejarah sebagai sutradara pertama dengan tiga filmnya menempati urutan atas daftar film terlaris, yakni Avatar 1, Avatar 2, dan Titanic.

Pendapatan Avatar 2 berjalan sebanding dengan modal yang dikeluarkan oleh Disney, pemegang hak atas waralaba Avatar saat ini.

Baca juga: Durasi Titanic dan Avatar 3 Jam, James Cameron Patahkan Mitos

Setelah mengakuisisi 20th Century Fox pada 2019 lalu, Disney menghabiskan sekurangnya 350 juta dollar AS untuk memproduksi Avatar: The Way of Water.

Selain itu, Disney juga menggelontorkan lebih dari 100 juta dollar AS untuk memasarkan Pandora melalui wahana hingga merchandise.

Dengan demikian, Avatar: The Way of Water menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi saat ini.

James Cameron tidak akan berhenti. Bahkan dia telah menjanjikan tiga sekuel film Avatar ke depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com