Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anne Hathaway: Pandemi Ini Mengajarkan Betapa Besar Peran Perempuan

Kompas.com - 14/11/2022, 16:41 WIB
Vincentius Mario,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Anne Hathaway membawakan pidato dalam perhelatan puncak pertemuan Business 20 (B20) di Bali pada Senin (14/11/2022).

Dalam pidatonya, aktris berusia 39 tahun itu menyinggung peran penting perempuan di masa pandemi.

"Kini, kedudukan perempuan terlihat lebih berarti, di tengah krisis ekonomi, konflik militerisme, dan masalah iklim di dunia ini. Pandemi menyajikan kita pandangan tentang sejauh mana kedudukan kita sebagai manusia itu tergantung pada kemampuan dan kepemimpinan dari perempuan," kata Anne Hathaway sebagai UN Women Goodwill Ambassador, mewakili Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga: Pidato Anne Hathaway di B20 Bali, Tekankan Kesetaraan Gender

Sebagai contoh, Anne menyinggung peran Sarah Gilbert, ilmuwan perempuan pertama yang menemukan vaksin Covid-19 bersama timnya.

"Wanita-lah yang menopang sistem perawatan kesehatan kita dan menemukan vaksin yang menyelamatkan nyawa manusia," ujar Anne.

Anne juga menyinggung peran beberapa kepala negara perempuan yang berupaya keras menerapkan sistem pertahanan di sektor kesehatan dan ekonomi untuk negaranya.

Baca juga: 7 Film Anne Hathaway yang Paling Populer

"Sebagai pemimpin negara, mereka memberikan kita contoh bagaimana sebuah terobosan yang efektif untuk bertahan di masa pandemi. Sementara, waktu demi waktu kita tidak menemukan kesetaraan dalam nilai wanita dan kepemimpinannya," ucap Anne.

Anne blak-blakan menyoroti banyaknya jumlah perempuan yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi.

"Pandemi memberikan dampak yang besar dan menyakitkan bagi kita semua, terlebih untuk wanita. Jutaan wanita itu kehilangan pekerjaan pada 2020," ungkap Anne.

"Jumlah wanita yang kehilangan pekerjaan itu bertumbuh lebih cepat dibandingkan laki-laki yang kehilangan pekerjaan di masa pandemi," lanjutnya.

Oleh karenanya, Anne menekankan pentingnya kepedulian di masa sekarang.

Anne Hathaway hadir membawakan pidato dalam perhelatan puncak pertemuan Business 20 (B20) di Bali pada Senin (14/11/2022).Tangkapan layar TikTok Kompas.com Anne Hathaway hadir membawakan pidato dalam perhelatan puncak pertemuan Business 20 (B20) di Bali pada Senin (14/11/2022).

"Itulah pentingnya kepedulian. Kepedulian adalah dasar yang kokoh bagi pertumbuhan ekonomi dan masyarakat. Saya tidak bermaksud bijaksana. Faktanya, dalam kehidupan, semua orang membutuhkan kepedulian di beberapa poin penting dalam hidupnya," tutur Anne.

"Bahkan sebelum pandemi, wanita bekerja selama 3 jam di rumah dan tidak dibayar. Tanpa disadari kita memperoleh keuntungan dari wanita," lanjutnya.

Selain, Anne Hathaway, acara puncak B20 juga akan menghadirkan sederet CEO perusahaan multinasional lainnya.

Seperti, CEO Co-Founder and Chairman of Grab Anthony Tan dan CEO Telefonica Brazil Christian Gebara.

Kemudian, President Director Elang Mahkota Teknologi Alvin Sariaatmadja, Chairman Hi-Tech Group Deep Kapuria, dan Co-Founder of SES and Loral-Teleport Europe Candace Johnson.

Adapun puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dijadwalkan akan berlangsung Nusa Dua, Badung, Bali pada 15-16 November 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com