Kompas.com - 03/10/2022, 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyoroti konten prank pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeveen soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

KPI meminta kepada publik untuk menghormati jalannya kasus KDRT dari pedangdut Lesti Kejora yang sedang ramai dibicarakan publik.

"Kami meminta kepada publik hormati semua proses. Jangan membuat konten yang semakin tidak membantu upaya penghapusan kekerasan dalam rumah tangga," kata Nuning Rodiyah, Komisioner KPI Pusat di Kantor KPI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Sikap KPI terhadap Pelaku KDRT, Apakah Masih Boleh Tampil di Televisi?

Nuning lalu menyinggung soal prank KDRT Baim Wong dan istrinya, yang justru hal itu akan makin memperkeruh suasana.

Selain itu, konten prank KDRT akan berdampak buruk pada kepercayaan pihak berwajib dan publik kepada korban KDRT.

"Kemarin ada prank KDRT, ini kan khawatir kami akan menstimulasi publik bahwa laporan ke polisi itu menjadi hal yang seperti 'mainan'," tutur Nuning.

Baca juga: KPI Apresiasi Keberanian Lesti Kejora Melapor ke Polisi soal KDRT

Nuning mengatakan, korban KDRT yang melapor nantinya malah akan dikira bercanda, buntut dari konten prank Baim dan Paula.

"Jangan sampai orang yang benar-benar menjadi korban KDRT dipikir nge-prank, dipikir gimmick, dipikir ini cuma pansos semata dan sebagainya," imbuhnya.

Nuning akui ia banyak melihat video-video di media sosial yang isi kontennya seperti memanfaatkan momen yang ada.

"Makanya kami selalu imbau pada publik bahwa carilah sumber berita dari media-media yang terverifikasi, dari media yang bisa dipertanggung jawabkan," tegas Nuning.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.