Kompas.com - 03/10/2022, 18:04 WIB
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengapresiasi penyanyi Lesti Kejora yang berani mengungkap kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialaminya.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPI Pusat Nuning Rodiyah saat ditemui di Kantor KPI, Senin (3/10/2022).

"Saya juga menyampaikan apresiasi dengan kasus ini apa yang dilakukan oleh korban dalam konteks yang sedang dibicarakan banyak orang, pelapor, keluarga korban support untuk melaporkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga ini," ujar Nuning Rodiyah di Kantor KPI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Olah TKP di Rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar Berlangsung 2 Jam

Di satu sisi, kata Nuning, tindakan yang dibuat Lesti Kejora merupakan contoh baik untuk masyarakat yang mungkin mengalami hal serupa.

"Karena sekarang ini keberanian speak-up, melapor pada polisi itu masih sangat rendah," ujar Nuning.

"Diberikan contoh yang baik karena selama ini masih muncul persepsi bahwa ini urusan rumah tangga, urusan yang tidak perlu dibawa keluar. Hal itu justru membuka potensi berulangnya kekerasan ketika tidak ditangani polisi," ujar Nuning.

Baca juga: KPI Pusat Larang Pelaku KDRT Muncul di TV dan Radio, Karier Rizky Billar Terancam?

Lebih lanjut, Nuning menuturkan untuk tugas KPI sendiri, mereka berkomitmen turut serta berupaya melakukan penghapusan KDRT.

Yaitu dengan cara mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran untuk tidak memberikan ruang kepada para pelaku kejahatan tindak kekerasan dalam rumah tangga.

"Karena kewenangan kami adalah mengawasi televisi dan radio, maka tentunya imbauan ini kami berikan kepada televisi dan radio," papar Nuning.

Baca juga: Rizky Billar Diperiksa 6 Oktober 2022 Terkait Kasus KDRT Lesti Kejora

Sebagaimana diketahui pedangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022).

Menurut laporan Lesti kepada pihak kepolisian, Rizky Billar telah mendorong, membanting hingga mencekiknya setelah ketahuan berselingkuh.

Akibat KDRT itu, Lesti Kejora sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum (RSU) Bunda Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.