Kompas.com - 03/10/2022, 18:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi masyarakat, Sahabat Polisi, resmi melaporkan artis peran Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven, atas dugaan aduan palsu soal KDRT di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/2386/X/ 2072/RIS.

“Sudah kami terima laporan polisi dari saudara kita Sahabat Polisi Indonesia. Jadi kejadian kemarin yang dilaporkan berupa hanya prank,” kata AKP Nurma selaku Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, Senin.

Baca juga: Baim Wong Bikin Konten Prank KDRT, Polisi: Sangat Disayangkan

Adapun atas perbuatan itu sesuai dengan laporan 220 KUHP yang membuat Baim dan Paula diancam 16 bulan atau 1 tahun 4 bulan penjara.

“Jadi untuk pidana masuk unsur dilaporkan yaitu (pasal) 220 KUHP yang ancamannya 1 tahun 4 bulan,” ucap Nurma lagi.

Sementara untuk pasal 220 KUHP berisi, "Barangsiapa yang memberitahukan atau mengadukan bahwa ada terjadi sesuatu perbuatan yang dapat dihukum, padahal mengetahui itu tidak dilakukan dapat diancam pidana paling lama satu tahun empat bulan."

Baca juga: Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong dan Paula Dilaporkan ke Polisi

Sebelumnya Sahabat Polisi yang diwakilkan oleh Tengku Zanzabella dengan tim bidang hukum, Eko, menjelaskan alasan dilaporkannya Baim dan Paula.

“Kami Sahabat Polisi Indonesia melaporkan karena di sini terjadi prank atau pembodohan masyarakat. Kami bertindak untuk memperbaiki nama baik polisi,” ungkap Tengku.

“Pasal 220 (KUHP) karena beliau itu melaporkan tentang sebuah peristiwa KDRT yang ternyata tidak ada,” timpal Eko.

Baca juga: Kasus Prank KDRT Baim Wong dan Paula Dilimpahkan ke Polres Jaksel

Sebelumnya, video prank itu sempat tayang di kanal Youtube Baim Paula pada Minggu (2/10/2022). Kini video tersebut telah dihapus.

Konten prank KDRT yang dilakukan Baim Wong dan Paula Verhoeven itu menuai kecaman dari rekan sesama artis hingga warganet.

Dalam video, terlihat Paula berpura-pura membuat laporan kasus KDRT.

Adapun Baim duduk di dalam mobil dan memantau aktivitas Paula yang terekam kamera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.