Kompas.com - 13/08/2022, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Observatorium Bosscha memberikan pernyataan terkait dugaan masyarakat bahwa tempatnya dijadikan lokasi syuting film horor Pengabdi Setan 2: Communion.

"Observatorium Bosscha sama sekali tidak terlibat dalam produksi film bernuansa horror yang tengah beredar," tutur pihak Bosscha dalam pengumuman di akun Instagram @bosschaobservatory, Sabtu (13/8/2022).

Pihak Bosscha menyayangkan kemunculan gambar dalam film yang dianggap sebagian penonton sebagai observatorium yang berada di Lembang, Jawa Barat itu.

Baca juga: Bosscha, Sinema dan Berharap Daya Cipta

"Kami amat menyesalkan pemunculan gambar yang dengan segera orang kenali sebagai ikon Observatorium Bosscha yang memberi kesan tidak benar tentang Observatorium Bosscha," lanjut pengumuman dari Bosscha.

Mereka menegaskan menjunjung tinggi pendidikan untuk dibagikan ke masyarakat.

"Kami senantiasa menjunjung tinggi kebenaran via ilmu astronomi yang kami kembangkan dan bagikan kepada masyarakat, terutama anak - anak sekolah. Terima kasih atas dukungan pada kami dalam menjalankan amanah pendidikan, ikut memajukan kecerdasan dan menghaluskan nurani bangsa," akhir ini pengumuman tersebut.

Baca juga: Heboh Kemunculan Observatorium Bosscha di Pengabdi Setan 2: Communion

Sebelumnya melalui Twitter, pihak Bosscha menanggapi respons warganet tentang Bosscha yang diperbolehkan sebagai tempat syuting film horor.

"Halo Kak, footage video atau gambar dengan latar belakang Obs Bosscha pada film tidaklah diambil langsung di Obs. Bosscha, pun kami tidak mengetahui akan adanya penggunaan gambaran terkait Obs Bosscha pada film, semoga menjawab," bunyi twit akun @obsbosscha kepada akun @hasurungan.

Dugaan Bosscha menjadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2 didasarkan pada bagian 10 menit awal film.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Observatorium Bosscha

Film karya Joko Anwar ini memang tengah menggemparkan masyarakat Indonesia dan animonya luar biasa.

Pada hari kesembilan penayangan, Jumat (12/8/2022) Pengabdi Setan 2: Communion telah disaksikan 4 juta lebih penonton.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Observatorium Bosscha (@bosschaobservatory)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.