Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoFundMe Tutup Ajakan Donasi Bantu Amber Heard Bayar Johnny Depp

Kompas.com - 05/06/2022, 14:08 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- GoFundMe tidak membuang waktu untuk menindak halaman yang mencoba menghasilkan uang setelah persidangan Johnny Depp dan Amber Heard.

Website tersebut menghapus kampanye palsu 1 juta dolar AS yang mengklaim mengumpulkan uang untuk Amber untuk membayar ganti rugi Johnny.

Tak lama setelah putusan, penggalangan dana, yang dibuat oleh seseorang bernama Kimberly Moore, dibentuk untuk membantu Heard.

Moore mengklaim telah melakukan kontak dengan tim hukum Heard dan berjanji Amber akan memiliki akses langsung ke setiap uang yang dikumpulkan.

Baca juga: Pengacara Sebut Amber Heard Tak Mampu Bayar Johnny Depp Rp 150 Miliar

"Saya percaya Amber, dan media sosial melindungi pelaku. Penghakiman melebihi kekayaan bersihnya," tulis keterangan tersebut.

"Sangat menyedihkan bahwa dia bisa lolos dari pelecehan itu. Penghakiman melanjutkan pelecehan itu. Jika Anda bisa tolong bantu dia," demikian isi keterangan dalam donasi itu.

Namun, juru bicara GoFundMe mengatakan mereka dapat menandai profil dengan cepat sebelum sejumlah besar uang terkumpul.

Baik Amber maupun siapa pun di timnya tidak membuat halaman tersebut sehingga ajakan donasi itu ditutup.

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Amber Heard Tidak Sanggup Membayar Rp 150 Miliar pada Johnny Depp

Sebelumnya, Amber Heard diputuskan untuk membayar ganti rugi sebesar 10,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 150 miliar yang ditetapkan pengadilan Virginia atas gugatan mantan suaminya, Johnny Depp.

Kemudian dalam wawancara terpisah, pengacara Amber Heard, Elaine Bredehoft mengatakan kliennya itu tidak sanggup jika harus membayar uang sebesar itu.

Menurut pengacara Sandra Spurgeon dari Spurgeon Law Group di Lexington, Kentucky, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan Heard atas putusan pengadilan.

Heard dapat mengajukan banding atas putusan tersebut dengan harapan mendapatkan pengurangan nominal yang harus dibayarkan.

Bisa juga Amber memberikan uang yang dia hasilkan dari saat ini sampai ke depannya hingga utang pada Johnny Depp bisa dilunasi. 

Atau Heard juga bisa memilih mengajukan kebangkrutan, yang akan menghilangkan kompensasi kerusakan 10 juta dolar AS (sekitar Rp 145 miliar) tapi tetap diwajikan membayar 350.000 dolar AS (sekitar Rp 5 miliar).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com