Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo Berimajinasi di Satria Dewa: Gatotkaca dan Permintaan Maaf Rizky Nazar

Kompas.com - 24/02/2022, 07:13 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sempat ditunda karena pandemi Covid-19, film Satria Dewa: Gatotkaca akhirnya rilis teaser perdananya.

Hanung Bramantyo yang bertindak sebagai sutradara dalam proyek ini memastikan film tersebut memakai teknologi Computer Generated Imagery (CGI).

Film yang dibintangi aktor Rizky Nazar sebagai Yudha itu merupakan perpanjangan cerita dari Mahabharata versi Babad Tanah Jawi.

Baca juga: Hanung Bramantyo Curahkan Seluruh Imajinasi untuk Film Satria Dewa: Gatotkaca

Di mana Babad Tanah Jawi ini merupakan kumpulan naskah berbahasa Jawa yang berisi sejarah raja-raja yang pernah bertahta di pulau Jawa.

Film ini akan menunjukkan mengenai sosok pahlawan dari zaman pewayangan yang pernah hidup ratusan tahun lalu ke era saat ini.

Sementara, Satria Dewa: Gatotkaca berkutat pada seputaran kisah hidup tokoh sentral bernama Yudha.

Imajinasi

Hanung Bramantyo mengungkapkan tantangan yang ia hadapi selama proses produksi Satria Dewa: Gatotkaca. Salah satunya adalah menggabungkan teknologi CGI dengan adegan syuting.

Oleh karena itu, Hanung Bramantyo harus menggunakan imajinasi dan lebih ekstra menjelaskan setiap adegan action kepada para pemain.

Baca juga: Film Satria Dewa: Gatotkaca Rilis Teaser, Rizky Nazar Minta Maaf

“Misal (ada adegan) mengeluarkan sinar dari jauh, aktingnya kan harus meyakinkan, padahal enggak ada sinarnya kan. Itu menjelaskan ke pemain susah. Mereka lebih baik disuruh nangis, daripada merasa dicekik tapi enggak ada yang cekik,” kata Hanung Bramantyo saat ditemui di CGV Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

“Kalau nangis karena patah hati, bisa bayangkan pengalaman. Jadi, sutradara harus punya imajinasi lebih karena imajinasi itu yang akan menjelaskan karakternya ke aktor,” ucap Hanung Bramantyo lagi.

Terbebani

Aktor Omar Daniel berperan sebagai Dananjaya dalam Satria Dewa: Gatotkaca. Omar Daniel mengakui sangat terbebani bermain film laga tersebut.

Kendati demikian, Omar Daniel justru senang dengan beban tersebut karena bisa meningkatkan kualitas diri sebagai aktor di Indonesia.

“Pasti pressure ada. Tapi, justru itu yang dicari. Enggak mungkin kita mau lempeng-lempeng saja, pasti cari tantangannya,” ucap Omar Daniel.

Baca juga: Omar Daniel Terbebani Perankan Dananjaya di Film Satria Dewa: Gatotkaca

Menurut Omar Daniel, akan lebih bosan ketika seorang aktor tidak memiliki tantangan dalam sebuah proyek film.

“Justru tantangan itu yang bikin kita mengetes diri sendiri, gue bisa enggak nih,” ujar Omar Daniel.

Aktor Rizky Nazar ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba, Senin (13/12/2021).Instagram @rizkynazar20 Aktor Rizky Nazar ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba, Senin (13/12/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com