Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merintis Karier Jadi Komika di New York, Pandji Pragiwaksono: Enggak Berani Berharap Terlalu Gede

Kompas.com - 03/02/2022, 17:03 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Pandji Pragiwaksono telah merancang mimpinya untuk debut menjadi komika di New York, Amerika Serikat sejak tahun 2017.

Banyak persiapan telah dilakukan oleh Pandji untuk mencapai mimpinya itu. Mulai dari menabung agar bisa hidup di New York hingga belajar dari nol soal selera komedi masyarakat di sana.

Meskipun banyak hal yang dikorbankan oleh Pandji untuk menggapai mimpinya, dia mengaku tidak banyak berharap bahwa kariernya di New York akan cemerlang.

Cita-citanya hanya sebatas memiliki karier di New York sebagai seorang komika.

Baca juga: Merintis Karier di New York, Pandji Pragiwaksono Kantongi Tabungan untuk Bertahan Hidup Selama 3 Tahun

"Gue enggak pengin, enggak berani mengharapkan dan bercita-cita yang terlalu gede-gede banget gitu. Tapi kalau gue punya karier di sini, gue yakin komika-komika Indonesia mimpinya juga terbarukan," ucap Pandji dikutip Kompas.com dari YouTube Pandji Pragiwaksono, Kamis (3/2/2022).

Selain itu, Pandji berharap keputusannya untuk memulai karier sebagai komika di New York bisa membuat komika Indonesia memimpikan hal sama seperti yang ia lakukan saat ini.

Berkaca dari proyek-proyek Pandji sebelumnya seperti Special dan World Tour, banyak komika lain di Indonesia yang ingin berkarier seperti dirinya.

"Untuk setiap hal yang gue capai, mimpi komika-komika Indonesia itu terbarukan. Jadi kayak ada update-nya ada versi barunya," kata Pandji.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Kejar Cita-cita Jadi Komika di New York, Kembali Merintis Karier dari Nol

"Gue tahu ada komika-komika yang tiba-tiba bilang sama gue, 'Bang, gue sekarang belajar Bahasa Inggris juga, Bang', karena gue juga pengin menyediakan rumah gue ke mereka, tempat tinggal gue ke mereka kalau mereka ke sini," imbuhnya.

Kata Pandji, jalan yang dia tempuh saat ini tidak berbeda jauh dengan apa yang telah dilakukan Mo Sidik dan Reggy Hasibuan.

Perbedaan antara Pandji dan dua komika tersebut hanya soal negara tujuan, di mana Pandji memilih terbang lebih jauh yaitu ke New York.

Perjalanan Mo Sidik dan Reggy Hasibuan membangun reputasi mereka sebagai komika di Malaysia akhirnya sukses membawa keduanya dihormati di sana.

Baca juga: Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono Akan Hadir di JICOMFEST 2021

"Mo Sidik dan Reggy Hasibuan adalah komika-komika Indonesia yang sudah sangat dihormati di skena Asia, terutama Asia Tenggara," kata Pandji.

"Sebenarnya apa yang gue lakuin itu sama kayak Mo Sidik, bahkan gue mengagumi kiprah mereka dan kehebatan mereka untuk sampai di level mereka. Gue ngelakuin itu juga tapi dengan modal yang lebih banyak, gue ngelakuinnya di New York, gitu," imbuhnya.

Pandji berencana tinggal di New York bersama keluarga kecilnya selama tiga tahun. Jika gagal membangun karier di sana, Pandji mengaku akan kembali pulang ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com