Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Film tentang Perbudakan, dari "Lincoln" hingga "Buoyancy"

Kompas.com - 26/01/2022, 15:35 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Meski sudah dilarang dan dinilai sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, praktik perbudakan masih terjadi di berbagai belahan dunia hingga sekarang.

Tak cuma sebatas pada kepemilikan atas kehidupan orang lain, praktik perbudakan terkini berwujud pada eksploitasi ekonomi atas hak orang lain.

Berbagai film pun mencoba menggambarkan kejahatan itu, mulai dari sejarah atau biografi, dokumenter hingga fiksi.

Untuk memahami betapa kejamnya perbudakan dan mengapa kejahatan ini harus dilawan, Kompas.com merangkum lima film tentang perbudakan dari berbagai sumber yang patut untuk dipelajari.

1. Lincoln (2012)

Film biografi sejarah yang disutradarai Steven Spielberg ini diangkat dari biografi Doris Kearns Goodwin berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln.

Baca juga: Sinopsis Lincoln, Film Karya Steven Spielberg tentang Abraham Lincoln

Film ini berfokus pada upaya Presiden Lincoln pada Januari 1865 untuk menghapus perbudakan dengan meminta amandemen ke-13 konstitusi Amerika Serikat (AS) agar disahkan Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Namun, tugasnya berpacu dengan waktu karena perdamaian perang sipil dapat datang kapan saja. Bila hal ini terjadi sebelum amandemen disahkan, negara bagian selatan akan menghentikan proses amandemen sebelum menjadi undang-undang.

Di sisi lain, perasaan Lincoln juga tercabik-cabik karena perdamaian yang datang lebih awal berarti akan menyelamatkan ribuan nyawa.

Film ini pun menggambarkan kegelisahan Lincoln dalam menghadapi krisis di hati nuraninya sendiri, yaitu mengakhiri perbudakan atau mengakhiri perang.

A O Scott dari The New York Times, Jumat (9/11/2012), memuji film ini karena berhasil menggambarkan betapa sulit dan mahalnya bagi AS untuk mengakui kemanusiaan yang penuh dan setara untuk orang kulit hitam.

Baca juga: Kerangkeng Manusia Bupati Nonaktif Langkat dan Mengenal Apa Itu Perbudakan Modern

Lincoln mendapatkan 12 nominasi Piala Oscar 2013 dan memenangi dua untuk kategori Best Production Design dan Best Actor.

2. 12 Years A Slave (2013)

Film biografi yang disutradarai Steve McQueen ini diangkat berdasarkan memoar Twelve Years a Slave karya pria Afro-Amerika Solomon Northup pada 1853.

Pada1841, Solomon merupakan orang bebas dan pemain biola yang tinggal bersama istri dan anak-anaknya di Saratoga Springs, New York.

Suatu malam, Solomon disewa dua pria untuk tur dua minggu di Washington dengan perusahaan teater mereka. Namun, dia justru diculik dan dijual sebagai budak di New Orleans dengan julukan Platt.

Baca juga: Ramai soal Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat, Apa Ancaman Hukuman Pelaku Perbudakan?

Selama dua belas tahun, dia bekerja di perkebunan dan mendapat perlakuan kasar dari majikannya. Pada suatu hari, dia bertemu dengan abolisionis—orang yang menolak hukuman mati—asal Kanada yang berjanji akan membantunya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com