Kompas.com - 26/01/2022, 15:35 WIB

KOMPAS.com – Meski sudah dilarang dan dinilai sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, praktik perbudakan masih terjadi di berbagai belahan dunia hingga sekarang.

Tak cuma sebatas pada kepemilikan atas kehidupan orang lain, praktik perbudakan terkini berwujud pada eksploitasi ekonomi atas hak orang lain.

Berbagai film pun mencoba menggambarkan kejahatan itu, mulai dari sejarah atau biografi, dokumenter hingga fiksi.

Untuk memahami betapa kejamnya perbudakan dan mengapa kejahatan ini harus dilawan, Kompas.com merangkum lima film tentang perbudakan dari berbagai sumber yang patut untuk dipelajari.

1. Lincoln (2012)

Film biografi sejarah yang disutradarai Steven Spielberg ini diangkat dari biografi Doris Kearns Goodwin berjudul Team of Rivals: The Political Genius of Abraham Lincoln.

Baca juga: Sinopsis Lincoln, Film Karya Steven Spielberg tentang Abraham Lincoln

Film ini berfokus pada upaya Presiden Lincoln pada Januari 1865 untuk menghapus perbudakan dengan meminta amandemen ke-13 konstitusi Amerika Serikat (AS) agar disahkan Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Namun, tugasnya berpacu dengan waktu karena perdamaian perang sipil dapat datang kapan saja. Bila hal ini terjadi sebelum amandemen disahkan, negara bagian selatan akan menghentikan proses amandemen sebelum menjadi undang-undang.

Di sisi lain, perasaan Lincoln juga tercabik-cabik karena perdamaian yang datang lebih awal berarti akan menyelamatkan ribuan nyawa.

Film ini pun menggambarkan kegelisahan Lincoln dalam menghadapi krisis di hati nuraninya sendiri, yaitu mengakhiri perbudakan atau mengakhiri perang.

A O Scott dari The New York Times, Jumat (9/11/2012), memuji film ini karena berhasil menggambarkan betapa sulit dan mahalnya bagi AS untuk mengakui kemanusiaan yang penuh dan setara untuk orang kulit hitam.

Baca juga: Kerangkeng Manusia Bupati Nonaktif Langkat dan Mengenal Apa Itu Perbudakan Modern

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.