Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik Salah Grammar Saat Memandu X Factor Indonesia, Robby Purba Bereaksi

Kompas.com - 24/01/2022, 09:44 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Robby Purba bereaksi ketika dikritik netizen soal kesalahan grammar dalam pemakaian Bahasa Inggris di program X Factor Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini Robby Purba didapuk jadi presenter ajang pencarian bakat X Factor Indonesia 2021.

Seorang netizen mengaku terganggu dengan kesalahan grammar selama program X Factor Indonesia berlangsung, apalagi dalam kalimat "Four yes, five yes," yang menurutnya salah karena kurang akhiran S.

"Harusnya four yeses, five yeses... & so on,. Secara itu paling basic in English dan ditonton serata dunia loh di YouTube.. harap dapat diperbaiki kedepannya," tulis akun Instagram @wahdi_le.chouette.macaron.

Baca juga: Awal Mula Robby Purba Ketahuan Idap Tumor Payudara sampai Jalani Operasi

Robby Purba selaku pemandu program ajang pencarian tersebut bereaksi. Dia memberikan tanggapan lewat kolom komentar yang kemudian diunggah ulang di Instagramnya.

Sebelum menjelaskan soal penggunaan grammar, Robby menegaskan terlebih dahulu bahwa tujuannya menjawab kritikan netizen adalah untuk meminimalisasi perilaku penindasan terhadap orang-orang yang hendak belajar Bahasa Inggris.

"Mau dibahas.. tapi malas.. tapi daripada polisi grammar macam kamu terus menindas mereka yg mau belajar. So let me spill the tea," tulis Robby Purba dikutip Kompas.com dari Instagram @robbypurba, Senin (24/1/2022).

Robby menjelaskan bahwa penggunaan bahasa di program X Factor Indonesia pada dasarnya adalah campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Baca juga: Perlihatkan Penampakan Tumor yang Diangkat, Robby Purba: Besar dan Cukup Banyak

Apalagi, program yang ia pandu merupakan acara yang disiarkan untuk menghibur penonton sehingga ketepatan literasi bukan hal yang valid.

"Selamat kamu mendapatkan 5 Yes lebih elok didengarkan daripada -selamat kamu mendapatkan 5 yeses. Sampai sini paham?" tanya Robby Purba.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam korespondensi radio, kesalahan grammar sah-sah saja karena penggunaan bahasa tidak semua dalam Bahasa Inggris.

"Dalam koresponsendi radio, sangat diperbolehkan untuk menyampaikan dalam Grammatically broken Englis.. TERKECUALI, dari awal kalimat kamu menggunakan FULL BAHASA INGGRIS: Namun kalau kamu mencampurnya, sangat diperbolehkan," kata Robby Purba.

Baca juga: Idap Tumor Payudara, Robby Purba Cerita Awal Kecurigaan

Saat ini unggahan Robby Purba soal kritik netizen itu ramai dikomentari rekan sesama selebritas.

"Akukk kalu ngomong wichisss literally apalagi englissh akooh persi sunda jaksel, kuping rang orang kesel uga ga sih," komentar akun @hestipurwadinata.

"kalo aku sih yes…es ya bang," komentar akun sere.kalina.

"Hahahahaha this is too funny!," komentar akun @sandythema.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Robby Purba (@robbypurba)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com