Kompas.com - 19/01/2022, 17:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Mira Lesmana melihat perkembangan film dokumenter di Indonesia belum sampai di titik terbaiknya.

Padahal bakat serta hasil yang sudah ditampilkan dari para kreator film dokumenter sudah memiliki kualitas mumpuni.

Menurut Mira, salah satu yang diduga menghambat perkembangan film-film dokumenter di Indonesia adalah bisnisnya yang memang belum ramai.

"Cuma memang secara bisnis dia memang belum semaju, misalnya, seperti di Amerika. Tapi menurut saya ini harus terus di-push," kata Mira saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Dokumenter tentang Musisi

Sebagai contoh, Mira Lesmana baru-baru ini menghadiri acara Jogja-NETPAC Asian Film Festival atau JAFF.

Ia menemukan banyak sekali film-film dokumenter bagus yang mengusung isu-isu penting.

Mira Lesmana berharap para distributor atau platform digital (OTT) bisa melirik film-film dokumenter agar ekosistemnya terbentuk.

"Tapi mudah-mudahan OTT kita akhirnya bisa juga nih para distributor digital mau melirik dan ya mudah-mudahan sih bisa terus berkembang," ucap Mira.

Baca juga: Kisah Johnny Depp dan Amber Heard Bakal Dibuat Film Dokumenter

Momen pertumbuhan platform digital, khususnya di Indonesia, seharusnya dijadikan momentum untuk film-film dokumenter diperkenalkan lebih jauh ke masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.