Kompas.com - 09/12/2021, 08:23 WIB
Penulis Ahmad Fuadi Sumber: Falcon PublishingPenulis Ahmad Fuadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Ahmad Fuadi mengungkapkan proses kreatif ketika dia menulis kisah hidup Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka ke dalam buku setebal 376 halaman.

Fuadi mengaku, dia justru kebanjiran bahan untuk menulis buku berjudul Buya Hamka yang dirilis Falcon Publishing ini.

"Karena, Hamka ini sendiri, aktif menulis. Dia menulis lebih dari 100 buku, dan ada buku biografi sendiri, tapi autobiografi. Lalu anak-anaknya juga menulis, dan mungkin ribuan tulisan orang lain tentang Hamka. Jadi, banyak sekali," kata Fuadi dalam jumpa pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Film Buya Hamka Bakal Segera Tayang? Ini Kata Fajar Bustomi

Awalnya, Fuadi mengaku kebingungan bagaimana menceritakan sebuah kisah pahlawan dengan cara yang baru.

Namun, masalah terpecahkan setelah dia mendapatkan perumpamaan yang sederhana.

Fuadi mengibaratkan Buya Hamka seperti bunga.

Baca juga: Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi Akan Dibuatkan Versi Film

"Hidupnya itu wangi, penuh warna-warni, tersebar di mana-mana bunganya. Akhirnya, kita harus memilih bunga yang mana. Saya memilih mengambil tangkai-tangkai bunga yang paling menarik dari versi saya. Apa itu berwarna menarik, lalu saya bikin buket bunga yang baru," ucap Fuadi.

"Dari hamparan ceritanya, saya coba rangkai, tentu dengan selera saya, yang bahan mungkin sama, tetapi adukannya, susunannya, cara berceritanya agak berbeda," kata Fuadi melanjutkan.

Baca juga: Jadi Sutradara Film Buya Hamka, Fajar Bustomi Langsung Sujud Syukur

Meski memiliki banyak bahan dari autobiografi Buya Hamka hingga buku-buku lain, Fuadi mengatakan, mendapatkan data berdasarkan hasil wawancara mendapatkan kepuasan tersendiri.

Dalam novel Buya Hamka yang dia tulis, Fuadi mengaku berhasil mewawancarai anak, cucu, hingga beberapa orang yang pernah hadir di dalam hidup ulama tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.