Kompas.com - 09/12/2021, 07:38 WIB
Ade Rai di acara Tonight Show YouTube TonightShowNetAde Rai di acara Tonight Show

JAKARTA, KOMPAS.com - Binaragawan Ade Rai hadir sebagai bintang tamu program acara Tonight Show yang dipandu Vincent Rompies, Desta Mahendra, Hesti Purwadinata, dan Enzy Storia.

Pada kesempatan itu, Ade Rai mengungkapkan sebuah fakta mengenai alasan binaragawan yang ukuran kaki terlihat lebih kecil dibandingkan badannya.

Ade Rai juga menceritakan kisah perjuangannya mencari ilmu ke Amerika Serikat demi menjadi juara nasional binaraga pada 1994.

Baca juga: Ade Rai ke Amerika Bermodal Rp 5 Juta, Timba Ilmu dan Pulang Jadi Juara Nasional

1. Badan besar kaki kecil

Tidak sedikit orang menilai binaragawan dengan sebutan chicken leg karena ukuran badan lebih besar jika dibandingkan dengan kaki.

Pemilik nama lahir I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha itu tidak menampiknya. Bahkan, ia dulu memang terlihat seperti itu.

"Kalau dulu mungkin begitu (badan besar namun kaki kecil). Tapi kan pelan-pelan lama-lama kita latihan kaki," ujar Ade Rai seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube TonightShowNet, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Juara SEA Games 1997, Ade Rai Cuma Dapat Asuransi Senilai Rp 25 Juta

"Karena kaki kan otot yang paling tidak menarik, enggak kelihatan," lanjut Ade Rai soal alasan binaragawan tak besarkan kaki.

2. Perjuangan

Selepas menyabet medali perak pada kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) 1993 dan mendapatkan hadiah Rp 5 juta, Ade Rai memutuskan untuk ke Amerika Serikat.

Dari Rp 5 juta tersebut, Ade Rai hanya mendapat 3.000 hingga 4.000 dollar AS karena 1 dollar AS pada saat itu kira-kira setara dengan Rp 1.000.

Baca juga: Kenapa Binaragawan Badan Besar tapi Kaki Kecil? Ade Rai Jawab Begini

"Nah, 600 dollar AS saya belikan tiket ke Amerika. Sisanya uang itu, saya simpan buat hidup saya di Amerika selama enam bulan di Virginia, Washington DC," ujar Ade Rai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.