Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan di Balik Film Yowis Ben 3 yang Angkat Budaya Jawa

Kompas.com - 02/12/2021, 18:17 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Brandon Salim mengungkapkan pesan di balik film Yowis Ben 3 yang disutradarai Bayu Skak dan Fajar Nugros.

Brandon Salim berujar, Yowis Ben 3 ingin mengajak masyarakat agar tetap bersatu meski memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Baca juga: Cerita Putri Ayudya , Syuting Yowis Ben 3 di Tengah Pandemi Covid-19

"Niat kita apik, kita menjalani apa yang kita senangi. Kalau kita punya passion, kita mau menjalaninya, perbedaan itu rasanya tidak ada. Makanya kita bersatu," ungkap Brandon seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Ganjar Pranowo, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, Bayu Skak mengungkapkan alasan mengapa film tersebut diberi nama Yowis Ben 3 yang diambil dari bahasa Jawa.

"Yowis Ben itukan maknanya, ya sudahlah. Jadi, kita punya problematika masing-masing, namun, ya yowis ben. Kayak saya, di Yowis Ben 1, saya enggak punya pacar, ya yowis ben," kata Bayu Skak.

Baca juga: Ketika Ganjar Pranowo Wawancarai Para Bintang Yowis Ben 3

Di sisi lain, artis peran Joshua Suherman menjawab pertanyaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengenai alasan mengangkat kebudayaan Jawa dalam film tersebut.

"Bayu Skak merupakan YouTuber dari Malang, dia pengin menganggap bahwa Indonesia ini enggak cuma kota-kota tertentu, tapi banyak budaya, bahasa, yang kalau diangkat menarik sebenarnya," ucap Joshua Suherman.

"Jadi, akhirnya Yowis Ben membuat banyak orang melihat Jawa jadi lebih dekat lagi dari sebelumnya," ujarnya lagi.

Baca juga: Sinopsis Yowis Ben 3, Kelanjutan Kisah Band Bayu Skak

Sebagai informasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut terlibat di dalam film Yowis Ben sebagai penampilan khusus bersama Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Wali Kota Malang Sutiaji.

Sementara banyak aktris serta aktor yang terlibat di dalamnya seperti Bayu Skak, Joshua Suherman, Brandon Salim, dan Tutus Thomson.

Ada juga Anya Geraldine, Anggika Bölsterli, Devina Aureel, Clairine Clay, Arief Didu, Putri Ayudya, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com