Kompas.com - 21/10/2021, 19:22 WIB
Penyanyi Yura Yunita dalam konferensi pers virtual peluncuran album Tutur Batin, Kamis (21/10/2021). Melvina TionardusPenyanyi Yura Yunita dalam konferensi pers virtual peluncuran album Tutur Batin, Kamis (21/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Yura Yunita merilis album Tutur Batin yang salah satu lagunya juga berjudul sama, Jumat (22/10/2021) tengah malam nanti.

Lagu "Tutur Batin" merupakan lagu yang didasarkan pada pengalaman pribadinya mendapat body shaming.

"Aku pernah dibilang aku enggak sempurna, pendek, enggak punya look yang material in this music industry," ungkap Yura Yunita dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/10/2021).

"Walaupun laguku dan kemampuan musikku diterima, tapi ada aja yang bilang I was not pretty enough, was not tall enough, my skin was not fair enough, enggak sesuai standar mereka," lanjut Yura.

Baca juga: Rilis Album Tutur Batin, Yura Yunita Sengaja Tampil Tanpa Riasan Wajah di Foto Sampul

Sambil menangis, Yura mengatakan, dulu ia merasa kenapa dirinya dikecam demikian dan berpikir apakah memang dirinya tidak sempurna.

Namun penyanyi kelahiran tahun 1991 itu menegaskan, yang pasti ia tidak setuju dengan kata-kata cibiran tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yura menumpahkan seluruh semangatnya untuk meyakinkan bahwa setiap individu tidak perlu mengikuti standar sempurna kebanyakan orang.

"Makanya di lagu ini aku ingin coba break the norm, empower the real beauty means, menyampaikan bahaa kita enggak perlu sempurna sebagai manusia. Dengan apa yang sudah Tuhan kasih, kita bisa terus berkarya dan buktiin ke orang lain bahwa kita bisa bikin jalan kita sendiri, jelasnya.

Baca juga: Kolaborasi Erwin Gutawa dan Yura Yunita Hidupkan Tak Kuduga Jadi Lebih Kekinian

Yura mengaku juga belajar bahwa di kala mencoba menyerukan kebenaran pun pasti ada saja orang yang mencoba membuat seseorang merasa jatuh atau membendung jalan yang dipilih.

Dari banyaknya tantangan hidup pun ia semakin memetik berbagai pelajaran.

"Mengejar kesempurnaan itu pasti enggak ada habisnya dan sampai kita menerima diri kita apa adanya, di situ kita bisa merasa nyaman dengan diri kita dan itu bukan hal yang mudah, proses yang panjang," ujar Yura.

Baca juga: Ahmad Dhani Puji Lagu yang Diciptakan Yura Yunita

Album Tutur Batin berisi 11 lagu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.