Kompas.com - 18/09/2021, 14:11 WIB
Poster Kolaborasi Erwin Gutawa dan Yura Yunita Hidupkan Kembali Lagu ?Tak Kuduga? Dok. Erwin Gutawa ProductionPoster Kolaborasi Erwin Gutawa dan Yura Yunita Hidupkan Kembali Lagu ?Tak Kuduga?

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi sekaligus produser Erwin Gutawa berkolaborasi dengan penyanyi Yura Yunita menghidupkan kembali lagu "Tak Kuduga" yang pernah populer di tahun 1980-an.

"Tak Kuduga" adalah lagu ciptaan Erwin Gutawa dan Lulu Gutawa yang dipopulerkan pertama kali oleh Ruth Sahanaya tahun 1989 dan sempat menerima banyak penghargaan. Termasuk, BASF Awards.

Berbeda dengan ciri khas lagu Erwin Gutawa biasanya, lagu "Tak Kuduga" kolaborasi dengan Yura Yunita ini akan dikemas jadi lebih fresh. Tetapi, tak melupakan unsur nostalgia dengan campuran sound dan teknologi kekinian.

Apalagi, lagu tersebut akan diproses mixing oleh Eko Sulistiyo dan mendapat sentuhan proses audio mastering dari Chris Gehringer, seorang penata suara ternama dari Amerika yang termasuk dalam nominasi Grammy Awards.

Baca juga: Beri Pesan Semangat, Yura Yunita Rilis Singel Mulai Langkahmu

Musik 1980-an belakangan ini banyak masuk ke trend musik mainstream Indonesia maupun internasional.

"Mungkin cycle musik, selang beberapa dekade, itu memang ada (lewat orang tua, lingkungan, dan sebagainya). Lewat teknologi digital, anak muda pun bisa punya referensi yang luas. Nuansa beat, melodi dan progresi chord musik 1980-an memang punya ciri khas yang istimewa,” kata Erwin Gutawa dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Erwin Gutawa mengatakan, Yura Yunita orang yang paling tepat menyanyikan lagu "Tak Kuduga".

"Suaranya khas, energinya juga sangat menular. Saya sangat excited bisa bekerjasama," kata Erwin Gutawa.

Baca juga: 5 Serba-serbi Film Pendek Tenang Milik Yura Yunita

Versi baru “Tak Kuduga” dari Erwin Gutawa dan Yura Yunita ini diharapkan tak hanya dapat membangkitkan nostalgia, tetapi juga sebagai bentuk adaptasi dan upaya melestarikan karya musik Indonesia dahulu dan kini.

“Tak Kuduga” versi terbaru ini akan dirilis dengan versi spatial audio. Dengan begitu, ada sensasi baru dalam mendengarkan musik, diproses dengan teknologi Dolby Atmos, layaknya film.

Teknologi ini melibatkan penempatan sumber suara virtual di mana saja dalam ruang tiga dimensi, termasuk di belakang, di atas atau di bawah pendengar.

Sensasi ini juga dapat didengarkan menggunakan earphone atau headphone.

Baca juga: Donne Maula Ungkap Bagian Fisik Yura Yunita yang Paling Tak Menarik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.