Kompas.com - 11/06/2021, 06:30 WIB
Iwan Fals menceritakan proses persalinan Galang Rambu Anarki. (Bidikan layar YouTube Iwan Fals Musica). KOMPAS.com/Revi C Rantung Iwan Fals menceritakan proses persalinan Galang Rambu Anarki. (Bidikan layar YouTube Iwan Fals Musica).

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Iwan Fals berkesempatan menceritakan album Sugali yang dia rilis bersama label musik Musica Studio pada 1984.

Lewat kanal YouTube Iwan Fals Musica, pemilik nama lahir Virgiawan Listanto itu mengungkap proses pengerjaannya.

Iwan juga mengungkap biaya produksi yang harus dia keluarkan demi album tersebut.

9 bulan pengerjaan

Iwan Fals menceritakan proses produksi Sugali memakan waktu 9 bulan.

Baca juga: Iwan Fals Debut Garap Musik Sendiri Lewat Album Sugali, Habiskan Waktu 9 Bulan

"Album ini cukup luar biasa karena memakan waktu hampir 9 bulan saya kerjakan. Apa karena saya baru pertama kali buat musik, jadi cukup lama," tutur Iwan Fals seperti dikutip Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Menurut Iwan Fals, teman-teman musisi yang sudah terbiasa menggarap musik hanya memakan waktu satu hingga dua bulan saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bocoran biaya produksi

Dia pun tidak sungkan membocorkan biaya produksi album Sugali yang memakan waktu 9 bulan pengerjaan itu.

"Saat itu, sewa studio perjadwal, 8 jam kira-kira, itu Rp 300.000. Jadi, bisa dibayangkan berapa banyak biaya produksi yang keluar untuk sewa studio (selama 9 bulan)," ungkap Iwan Fals.

Baca juga: Iwan Fals Bocorkan Biaya Produksi Album Sugali yang Digarap 9 Bulan

Iwan Fals mengatakan biaya produksi semakin membengkak untuk logistik, pembayaran musisi yang terlibat, dan kebutuhan yang lainnya.

Kendati demikian, dengan tekad yang kuat, dia tetap menjalankan dan mengucap syukur semuanya terselesaikan dengan baik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X