Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polemik Sinetron Suara Hati Istri, Indosiar Berjanji ke KPI

Kompas.com - 02/06/2021, 16:18 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinetron Suara Hati Istri di Indosiar tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Sebab, sinetron itu menayangkan aktris Lea Ciarachel berusia 15 tahun sebagai pemeran karakter Zahra, istri ketiga dari aktor berusia 39 tahun.

Karena tayangan itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) banyak menerima aduan. KPI pun telah bertemu pihak Indosiar meminta penjelasan terkait penayangan sinetron tersebut.

Baca juga: Indosiar akan Ganti Lea Ciarachel dalam Peran Zahra di Sinetron SHI

Setelah pertemuan itu, Indosiar berjanji akan mengingatkan rumah produksinya memakai aktris usia di atas 18 tahun untuk perankan tokoh yang sudah menikah.

“Terkait usia pemeran selanjutnya akan menjadi acuan Indosiar ke depan untuk selalu mengingatkan PH agar memakai pemeran-pemeran usia di atas 18 tahun untuk peran yang sudah menikah,” ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo saat dihubungi, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Sindir Sinetron Zahra, Amel Carla: Tidak Bisa Cari Artis 18 Tahun ke Atas?

Indosiar bahkan telah berjanji untuk mengganti Lea Ciarachel dengan artis lainnya yang umurnya di atas 18 tahun untuk memerankan tokoh Zahra.

“Indosiar menerima semua masukan dan akan segera mengganti pemeran dalam tiga episode mendatang pada sinetron tersebut,” kata Hadi.

Hadi juga meminta Indosiar dan saluran televisi lainnya untuk memperhatikan kepatutan konten pada setiap program yang ditayangkan, terutama yang ditayangkan pada jam-jam anak menonton.

Baca juga: Berkaca pada Sinetron Suara Hati Istri, KPI Minta Rumah Produksi Hati-hati Pilih Pemain

Dia menekankan, semua lembaga penyiaran harus tunduk terhadap Undang Undang Penyiaran, serta undang undang lainnya, termasuk Undang Undang Perkawinan.

Pasalnya, sinetron Suara Hati Istri dinilai oleh banyak pihak telah mempertontonkan dan mempromosikan pernikahan anak.

“KPI meminta Indosiar dan TV lain memperhatikan jam tayang dan kepatutan konten atau isi di setiap program yang ditayangkan, terutama yang ditayangkan pada jam-jam anak menonton (sebelum pukul 22.00 WIB),” tuturnya.

Baca juga: Ernest Prakasa Kecam Keras Sinetron Suara Hati Istri Zahra

Sebelumnya, karakter Zahra yang diperankan aktris remaja Lea Ciarachel mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial.

Terlepas dari perbedaan usia yang cukup jauh, dalam sinetron tersebut, keduanya dikisahkan sebagai pasangan suami istri dan kini Zahra dalam kondisi mengandung anak Pak Tirta.

Banyak adegan-adegan dalam sinetron tersebut yang menjadi sorotan, seperti ketika Pak Tirta mencium kening Zahra, atau ketika Pak Tirta mendekatkan wajahnya di perut Zahra yang sedang hamil. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com