Tommy Kurniawan: Pemerintah Kurang Bijak Terkait Masuknya WNA China ke Indonesia

Kompas.com - 09/05/2021, 18:37 WIB
Artis peran Tommy Kurniawan dalam exclusive screening film Eiffel I'm In Love 2 di CGV Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (11/2/2018). KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Artis peran Tommy Kurniawan dalam exclusive screening film Eiffel I'm In Love 2 di CGV Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (11/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran sekaligus anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tommy Kurniawan mempertanyakan sikap dan ketegasan pemerintah terkait kebijakan larangan mudik di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, puluhan WNA China datang dan masuk dengan mudah ke Tanah Air melalui Bandar Udara Soekarno Hatta.

Baca juga: Tommy Kurniawan di Tengah Pandemi Virus Corona di Indonesia

Ketua Umum Garda Bangsa mengatakan, longgarnya sikap pemerintah terhadap larangan WNA asal China yang mudah masuk ke Tanah Air sangat melukai perasaan masyarakat.

“Dalam hal ini saya melihat pemerintah kurang bijak dan tidak sensitif terhadap situasi yang ada saat ini," ujar Tommy Kurniawan melalui keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

"Di satu sisi warganya dilarang mudik dengan begitu tegasnya, di sisi lain WNA dengan mudahnya masuk ke Tanah Air. Ini menurut saya tidak bijak," sambung dia.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Tommy Kurniawan Ogah Panic Buying

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tommy menilai, WNA China yang datang ke Indonesia disebut untuk menangani proyek strategis nasional juga tidak bisa dan tidak tepat untuk dijadikan alasan. Apalagi, lanjutnya, adanya pandemi Covid-19 dan larangan mudik yang begitu massif.

"Ini yang saya rasakan pemerintah tidak bijak dan kurang peka terhadap situasi yang ada,” tegas Tommy Kurniawan.

Tommy meminta pemerintah untuk mengutamakan kesehatan masyarakat dari segala kepentingan lainnya.

Baca juga: Di Rumah Saja karena Corona, Tommy Kurniawan Bersyukur Bisa Lihat Perkembangan Anak

Ia menyinggung bagaimana pemerintah Inggris pada saat melarang atlet Indonesia bertanding di All England dan diminta karantina di hotel hanya karena satu pesawat dengan orang yang terjangkit Covid-19.

“Pemerintah Inggris lebih tegas dalam melindungi rakyatnya. Kita ingin pandemi ini segera berakhir, dan bisa beraktivitas seperti biasa, maka sikap tegas dan konsisten pemerintah sangat kita butuhkan,” ujar dia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X