Kompas.com - 03/05/2021, 18:15 WIB
Suami Nindy Ayunda, Askara Parasady Harsono (baju hijau) dalam jumpa pers kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (12/1/2021) KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIOSuami Nindy Ayunda, Askara Parasady Harsono (baju hijau) dalam jumpa pers kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (12/1/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa Askara Parasady Harsono mengaku, senjata api ilegal yang dibeli dan disimpannya di dalam brankas sudah rusak.

Diketahui, senjata api ilegal tersebut sudah dimiliki Askara Harsono sejak tahun 2017.

“Pertama di website itu tampil chat itu, kita komunikasi dengan penjualnya. Dia menawarkan senjata asli. Saya beli. Dia menginformasikan senjata itu rusak. Kemarin itu (senjata) rusak,” kata Askara saat bersaksi via zoom di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin (3/5/2021).

Askara Harsono mengatakan, saat penawaran, penjualnya mengatakan senjata api yang dijualnya sudah berizin.

Oleh karenanya, Askara tergiur dan membeli senjata api itu. Tetapi, ternyata surat izin senjata api yang dibelinya tersebut tidak dibawa oleh penjualnya.

Baca juga: Soal Senjata Api, Askara Harsono: Pajangan Saja, Buat Koleksi

“Dia bilang ada (surat izin). Dia bawakan saat transaksi, terus pas saya tanyakan lagi (saat transaksi), dia bilang tertinggal. Karena dia bilang mau cepat, dia akhirnya menyerahkan senpinya dan bilang surat izinnya nanti (dikirimkan),” ucap Askara Harsono.

Askara Harsono mengaku, sudah terus bertanya pada penjual soal surat izin senjata api itu. Tetapi, hal itu tak direspons hingga saat ini.

Selain itu, Askara juga menjelaskan bahwa senjata api dan 50 peluru itu diletakkannya di brankas karena niatannya hanya untuk disimpannya sebagai koleksi.

“Karena rusak pak. Karena saya enggak ada niatan bawa. Saya mendengar dari penjual kalau senjata api itu rusak jadi saya simpan (di brankas),” kata Askara.

Pernyataan itu langsung membuat majelis hakim tak percaya. Apalagi, di dalam senjata api itu terdapat 50 butir peluru.

Baca juga: Sempat Positif Covid-19, Askara Parasady Harsono Sudah Sehat dan Telah Berpuasa

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X