Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Youn Yuh Jung, Aktris Korea Pertama Peraih Oscar

Kompas.com - 26/04/2021, 12:02 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pertama kali debut di film Amerika saat usianya tak lagi muda, dan untuk pertama kalinya juga Youn Yuh Jung kini meraih piala Oscar.

Pemeran Soon Ja di film Minari itu merupakan aktris senior di Korea Selatan.

Lahir di provinsi Gyeonggi 19 Juni 1947, dia merupakan aktris yang mulai meraih popularitas sejak tahun 1960.

Baca juga: Ngakak, Ditanya Soal Bertemu Brad Pitt, Begini Jawaban Youn Yuh Jung

Ketika baru masuk kuliah di Hanyang University, Youn memilih keluar karena lulus audisi dan kemudian debut lewat drama Mister Gong di tahun 1967.

Sejumlah drama terkenal juga pernah dibintanginya, seperti Daughters in Law, My Husband Got a Family, Hotelier, Worlds Wihtin, The King 2 Hearts, Dear My Friends.

Berbeda dengan selebritas Korea lainnya yang umumnya tak fasih berbahasa Inggris, Youn seringkali memamerkan kemampuan bahasa Inggrisnya karena dia pernah tinggal di Amerika Serikat selama hampir 10 tahun karena mengikuti suaminya.

Baca juga: Menang Oscar, Youn Yuh-jung: Mungkin Aku Hanya Beruntung Malam Ini

Setelah berpisah, dia akhirnya kembali ke Korea Selatan dan kembali berkarier sebagai aktris.

Wajah Youn sendiri tak asing bagi penggemar acara variety Korea. Karena dia cukup sering muncul, bahkan beberapa diantaranya mengguakan namanya.

Dari Sisters Over Flowers yang merupakan acara jalan-jalan, kemudian Youn's Kitchen dimana dia menjadi pemilik restoran yang tak hanya syuting di Korea Selatan tapi bahkan sampai Spanyol.

Acara ragam hiburan terbaru yang dibintanginya yaitu Youn's Stay, dimana dia diceritakan mengelola penginapan bertema rumah tradisional Korea.

Di acara tersebut Youn masih bersama anggota lamanya dari Youn's Kitchen, seperti Jung Yu Mi, Park Seo Joon, Lee Seo Jin, ditambah anggota baru yang juga bintang film Parasite, Choi Woo Shik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com