Kompas.com - 26/04/2021, 11:36 WIB
Chloe Zhao menjadi sutradara wanita kedua yang berhasil meraih Oscar ABCChloe Zhao menjadi sutradara wanita kedua yang berhasil meraih Oscar

JAKARTA, KOMPAS.com- Nama Chloe Zhao lagi-lagi mencuri perhatian setelah debut sebagai wanita Asia pertama yang menang Oscar 2021.

Kemenangan Chloe sebenarnya tak lagi mengejutkan, karena sebelumnya di awal Maret 2021, dia juga berhasil membawa pulang piala Golden Globe ke-78 sebagai sutradara terbaik, lewat film yang sama, Nomadland.

Sementara di Oscar, dia berhasil mencatat namanya sebagai wanita kedua yang berhasil meraih predikat sutradara terbaik sepanjang sejarah Oscar.

Baca juga: Chloe Zhao, Sutradara Wanita Kedua Dalam Sejarah Pemenang Oscar

Lahir di Beijing 31 Maret 1982, dia mengawali debut lewat film Songs My Brothers Taught Me di tahun 2015, yang juga merupakan proyek thesisnya sebagai mahasiswa.

Dia merupakan putri dari eksekutif di perusahaan baja terbesar di negaranya, Shougang Group.

Di sekolah, Zhao dikenal sebagai anak yang pemberontak dan pemalas. Saat usianya 14 tahun, Zhao dikirim sekolah di Inggris dimana akhirnya dia belajar bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zhao kemudian melanjutkan sekolah ke Los Angeles, dimana kemudian mempelajari produksi film di New York University.

Baca juga: Chloe Zhao Jadi Perempuan Kedua Peraih Sutradara Terbaik di Golden Globes

Film pertama yang disutradarainya juga masuk nominasi Independent Spirit Award for Best First Feature di Sundance Festival.

Namanya bersinar lewat film Nomadland (2020), yang membuat namanya meraih penghargaan sutradara terbaik dari Golden Globe Awards, Directors Guild of America Awards, Academy Awards dan British Academy Film Awards.

Proyek film Zhao berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah keterlibatannya dalam dunia Marvel.

Zhao diketahui menjadi sutradara untuk film Eternals yang rencananya akan dirilis November 2021.


Sumber Elle
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X