Kompas.com - 18/04/2021, 11:46 WIB
Pembawa acara Gilang Dirga menjadi bintang tamu konten Murangkalih kanal YouTube Armand Maulana. YouTube Armand MaulanaPembawa acara Gilang Dirga menjadi bintang tamu konten Murangkalih kanal YouTube Armand Maulana.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Gilang Dirga mengaku pernah seperti orang gila karena tidak lolos Akademi Militer, yang merupakan impiannya sejak kecil.

Gilang ingin masuk Akademi Militer sejak duduk di bangku SD karena melihat pamannya yang menjadi anggotaTNI Angkatan Udara.

Ketika Gilang Dirga duduk di bangku SMP, anak dari pamannya tersebut juga diterima di Angkatan Udara.

Baca juga: Gilang Dirga Mengaku Benci Lesti Kejora, Mengapa?

"Tiap kali pulang lebaran, itukan dia (anak pamannya) pakai baju pesiar tuh, baju pesiar kan keren banget, badannya ketat-ketat gitu, dan semua orang kayak 'ih gagah banget ya', pada memuja-muja," ungkap Gilang Dirga seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Armand Maulana, Minggu (18/4/2021).

Pemilik nama lahir Gilang Dirgahari itu mendaftar ke Akademi Militer saat kuliah semester dua.

Baca juga: Mpok Alpa hingga Gilang Dirga Tak Bisa Buka Bareng Keluarga Selama Ramadhan 2021, Kenapa?

Karena berfokus pada persiapan masuk Akademi Militer, Gilang mengesampingkan kuliah.

"Waktu gue tes di Danrem 041 Gamas di Bengkulu, tentara-tentara sudah pada tepuk bahu gue, 'wah, calon komandan kita nih', 'wah, Kopassus nih'. Setelah diangkat kayak gitu, kan gue makin pede, yakin," kata Gilang Dirga.

Namun, pada saat tes kesehatan, pria kelahiran Agustus 1989 itu tidak lolos karena dinyatakan memiliki gejala amandel.

Baca juga: Gilang Dirga dan Adiezty Fersa Bicara soal Momongan hingga Hati Tergores

Perasaan Gilang Dirga berkecamuk karena tidak lolos. Dalam otak dia berpikir bahwa Gilang Dirga telah menyampingkan kuliah.

"Gue masuk di mobil, gue merenung di mobil sejam kan, enggak ngomong, gue aja, liatin nomor (pendaftar) gue waktu itu, gue tiduran di mobil, baru gue jalan ke rumah," ujar Gilang Dirga.

Tidak sampai situ, pemeran film Rumah Kentang itu juga mengungkapkan dia hanya bisa menyendiri di dalam kamarnya dengan jangka waktu yang lama.

Baca juga: Ikuti Nasihat Sule, Gilang Dirga Dapat Ketenangan Hati

"Itu ada kali gue, tiga sampai empat bulan, di rumah, kayak orang gila di kamar aja. Nyokap gue suka, 'Lang, makan, Lang', 'iya, iya'. Kayak di film-film," ujar Gilang Dirga.

Ketika dulu, rasa semangatnya bergejolak naik ketika melihat tentara lari di depan rumah. Namun, setelah tidak lolos Akmil, Gilang Dirga justru malah masuk ke rumah karena tidak ingin melihatnya.

Meski begitu, Gilang Dirga kini telah lapang dada tidak diterima Akmil dan akui setiap orang memiliki jalannya masing-masing.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X