Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Jomblo Lama-lama, Anya Geraldine Alami Borderline Personality Disorder dan Putuskan ke Psikolog

Kompas.com - 01/03/2021, 20:30 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selalu memiliki kekasih sejak usianya 13 tahun, artis peran Anya Geraldine mengaku tidak bisa sendiri atau menjomblo.

Anya berujar, waktu menjomblo paling lama setelah putus dari Ovi Rangkuti, yaitu lima bulan.

Dalam kanal YouTube Pos Indonesia The Story, karena kebiasaan ini, Anya mengaku beberapa tahun lalu sempat ke psikolog dan mengalami Borderline Personality Disorder (BPD). 

"Itu kayak memang enggak bisa sendiri gitu. Makanya aku dari umur 13 tahun sampai sekarang enggak bisa kalau enggak ada pacar atau yang temenin atau apa dan aku di situ sudah sadar kayak 'wah ini enggak sehat kalau begini terus'," ungkap Anya, dikutip Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Tak Muluk-muluk soal Pasangan, Anya Geraldine: Pelukan dan Jadi Teman Chat yang Diperlukan

Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati serta citra diri yang senantiasa berubah-ubah, dan perilaku yang impulsif.

Seseorang yang mengalami BPD memiliki cara pikir, cara pandang, serta perasaan yang berbeda dibanding orang lain pada umumnya.

Setelah beberapa lama, baru-baru ini pemilik nama lahir Nur Amalina Hayati itu juga memutuskan untuk ke psikolog dan akhirnya bisa melepas rasa ingin memiliki kekasih.

"Aku bisa berhasil jomblo mungkin karena sekarang kayak kemarin sempat ke psikolog, dikasih tahu segala macam. Jadi akhirnya ya sudah, it's ok to be alone, enggak apa-apa," kata Anya.

Baca juga: Anya Geraldine Akui Sering Dinyanyikan Rizky Febian

Kini, pemeran film Rembulan Tenggelam di Wajahmu itu mengaku sudah bisa melakukan kesehariannya dengan mandiri.

Hal itu juga berkat dorongan dari seseorang yang tengah dekat dengan Anya.

Baca juga: Klarifikasi Anya Geraldine soal Rayakan Hari Valentine Bareng Verrell Bramasta

"Sekarang kan kondisinya kayak ada lagi dekat sama orang, cuma entah gimana ini orang menginspirasi aku untuk belajar lebih bisa sendiri," ujar Anya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com