Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ayya Renita, Miss Kiki Ikatan Cinta yang Pernah Ikut Audisi Indonesian Idol

Kompas.com - 14/02/2021, 11:44 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Ayya Renita menjadi sorotan banyak orang di dunia hiburan Tanah Air seiring melambungnya sinetron Ikatan Cinta.

Dalam sinetron yang tayang perdana pada 19 Oktober 2020, Ayya bertindak sebagai Miss Kiki, Asisten Rumah Tangga (ART) dari Aldebaran yang diperankan Arya Saloka.

Sebelum akhirnya terjun ke dunia hiburan, pemilik nama lahir Renita Dwi Cahya itu merupakan anak dari keluarga yang kurang mampu.

Baca juga: Lagi Jalan, Ayya Renita Dipanggil Ibu-ibu yang Menenteng Termos Kiki

Ayahnya merupakan seorang pengusaha bakso yang memiliki 7 orang karyawan dengan berdagang secara keliling.

Pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta, Ayya mencoba peruntungan di dunia tarik suara dengan mengikuti audisi Indonesian Idol musim ketujuh (2012).

Pada saat itu, perempuan kelahiran September 1993 itu mengenakan pakaian adat Jawa dan menyanyikan "Ngamen 2" milik Eny Sagita.

Baca juga: Mengenal Sosok Ayya Renita, Pemeran Miss Kiki dalam Sinetron Ikatan Cinta

Namun, Ayya tidak berhasil mencuri hati dewan juri seperti Agnes Monica, Anang Hermansyah, dan Ahmad Dhani lewat suaranya.

Selepas mencoba peruntungan di dunia tarik suara, Ayya melebarkan sayap ke dunia seni peran.

Dia bermain dalam sinetron FTV yang berjudul Sepedas Cinta di Sebungkus Nasi Jinggo (2012).

Seiring waktu berjalan, ada banyak judul FTV yang diperankan olehnya. Ayya juga beberapa kali sempat menjadi pembawa acara hingga pelawak.

Baca juga: Antusias Penggemar Tinggi, Para Pemain Ikatan Cinta Dijaga Ketat Sekuriti

Di antaranya ada Ada Ada Aja, Bukan Talkshow Biasa, OVJ Sahur Lagi, OVJ Kite Lagi, LOL: Laugh Out Loud, Famili 100 hingga Rumah Seleb.

Kini Ayya berperan dalam Ikatan Cinta sebagai Miss Kiki. Dia menyadari namanya sedang naik daun di dunia hiburan Tanah Air.

Dalam kanal YouTube Boy William, Ayya mengaku tidak sedikit orang yang mengenalnya meskipun menggunakan masker. Terlebih, jumlah pengikutnya di Instagram meningkat secara signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com