Kompas.com - 14/02/2021, 11:44 WIB
Artis Ayya Renita. Instagram @ayyarenita93.Artis Ayya Renita.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Ayya Renita menjadi sorotan banyak orang di dunia hiburan Tanah Air seiring melambungnya sinetron Ikatan Cinta.

Dalam sinetron yang tayang perdana pada 19 Oktober 2020, Ayya bertindak sebagai Miss Kiki, Asisten Rumah Tangga (ART) dari Aldebaran yang diperankan Arya Saloka.

Sebelum akhirnya terjun ke dunia hiburan, pemilik nama lahir Renita Dwi Cahya itu merupakan anak dari keluarga yang kurang mampu.

Baca juga: Lagi Jalan, Ayya Renita Dipanggil Ibu-ibu yang Menenteng Termos Kiki

Ayahnya merupakan seorang pengusaha bakso yang memiliki 7 orang karyawan dengan berdagang secara keliling.

Pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta, Ayya mencoba peruntungan di dunia tarik suara dengan mengikuti audisi Indonesian Idol musim ketujuh (2012).

Pada saat itu, perempuan kelahiran September 1993 itu mengenakan pakaian adat Jawa dan menyanyikan "Ngamen 2" milik Eny Sagita.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Sosok Ayya Renita, Pemeran Miss Kiki dalam Sinetron Ikatan Cinta

Namun, Ayya tidak berhasil mencuri hati dewan juri seperti Agnes Monica, Anang Hermansyah, dan Ahmad Dhani lewat suaranya.

Selepas mencoba peruntungan di dunia tarik suara, Ayya melebarkan sayap ke dunia seni peran.

Dia bermain dalam sinetron FTV yang berjudul Sepedas Cinta di Sebungkus Nasi Jinggo (2012).

Seiring waktu berjalan, ada banyak judul FTV yang diperankan olehnya. Ayya juga beberapa kali sempat menjadi pembawa acara hingga pelawak.

Baca juga: Antusias Penggemar Tinggi, Para Pemain Ikatan Cinta Dijaga Ketat Sekuriti

Di antaranya ada Ada Ada Aja, Bukan Talkshow Biasa, OVJ Sahur Lagi, OVJ Kite Lagi, LOL: Laugh Out Loud, Famili 100 hingga Rumah Seleb.

Kini Ayya berperan dalam Ikatan Cinta sebagai Miss Kiki. Dia menyadari namanya sedang naik daun di dunia hiburan Tanah Air.

Dalam kanal YouTube Boy William, Ayya mengaku tidak sedikit orang yang mengenalnya meskipun menggunakan masker. Terlebih, jumlah pengikutnya di Instagram meningkat secara signifikan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X