Soal Karier, Ivan Gunawan: Dunia Desainer dari Hasil Jerih Payah di Industri Hiburan

Kompas.com - 19/01/2021, 17:40 WIB
Desainer sekaligus presenter Ivan Gunawan bicara mengenai karier dan kehidupannya YouTube Diaz HendropriyonoDesainer sekaligus presenter Ivan Gunawan bicara mengenai karier dan kehidupannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dikenal sebagai presenter, Ivan Gunawan juga salah satu desainer kondang di Tanah Air.

Dalam video podcast Diaz Hendropriyono, Ivan Gunawan berbicara mengenai kariernya sebagai entertainer dan desainer sejak tahun 2000-an.

"Jadi sebenernya antara dunia keartisan dan dunia desainer itu jalan beriringan," kata Ivan Gunawan, dikutip dari YouTube Diaz Hendropriyono, Selasa (19/1/2021).

"Awalnya, tahun 2000 masih bekerja sama Adjie Notonegoro, masih Om kan. Abis SMA, aku enggak pernah kuliah, aku langsung kerja sama beliau sampai 2005," ujar Ivan lagi.

Ivan Gunawan mengatakan, dia mengawali kariernya di industri hiburan Tanah Air dengan membintangi film komedi pada 2002.

Baca juga: Cerita Saat Tinggal di Rusia, Ivan Gunawan: dari Apartemen Lihat Orang Ditembak

Berawal dari situ, desainer berusia 39 tahun ini keterusan hingga akhirnya menjadi seorang presenter.

"Jadi, dunia desainer itu aku bisa buat karena hasil jerih payah aku di dunia hiburan. Karena memang orangtua aku enggak memberikan modal usaha kan," ujar Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan bercerita karier sebagai desainer dibangun dari bawah, mulai dari mengontrak tempat usaha, membeli mesin jahit, dan segala kebutuhannya berasal dari honor hasil syuting.

"Kalau zaman dulu kan habis syuting langsung dibayar. Jadi, seminggu itu pasti dapat cek kan, jadi bisa ngontrak rumah, beli mesin, bisa bayar pegawai," tuturnya.

Awal membuka butik, kata Ivan Gunawan, hanya memiliki 5 pegawai yang hingga kini kelima pegawai tersebut masih bekerja dengannya.

"Sekarang, berarti sudah masuk ke tahun ke-17, masih setia sama aku," tutur Ivan Gunawan.

Baca juga: Kehidupan Ivan Gunawan yang Sering Berpindah-pindah Negara bersama Sang Ayah


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X