Kompas.com - 11/01/2021, 18:29 WIB
Tiara Andini sedang berbincang dengan Rossa. (Bidikan layar YouTube Rossa). KOMPAS.com/Revi C Rantung Tiara Andini sedang berbincang dengan Rossa. (Bidikan layar YouTube Rossa).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhasil menjadi finalis Indonesian Idol X tentu membawa perubahan bagi kehidupan penyanyi Tiara Andini.

Termasuk semakin banyak warganet yang mengikuti kehidupannya dan melontarkan berbagai komentar buruk terhadapnya di media sosial.

Tiara mengatakan ia sempat memperbincangkan komentar warganet tersebut dengan psikolog.

"Kemarin aku sempat ngobrol sama psikolog gitu, tapi ketemunya bukan karena emang niat mau ke psikolog. Ketemu enggak sengaja dalam satu acara," kata Tiara saat mengobrol dengan Keisya Levronka, dikutip dari kanal YouTube Tiara Andini, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Tiara Andini Akui Pernah Nangis karena Terima Komentar Kebencian

Kala itu, ia bertanya dan menceritakan sedikit tentang kehidupannya.

"Aku ngomongin soal netizen, tentang komentar, dan aku bilang, 'Mungkin itu adalah risiko sebagai aku di sini' (sebagai artis). Cuma, manusia tuh juga perlu memikirkan kata-kata mereka yang mereka keluarkan, jadi enggak seenaknya," tutur Tiara.

Tiara menyinggung pula tentang pepatah "netizen itu maha benar".

"Nah itu tuh sebenarnya salah juga," ujar Tiara soal hasil bahasannya dengan psikolog.

Ia setuju dengan Keisya yang menyarankan agar tak perlu menyampaikan apapun bila tidak punya perkataan yang positif. Namun Tiara ingat lagi tidak semua warganet punya pemikiran begitu.

Baca juga: Tiara Andini Lebih Suka Baca Komentar Netizen daripada Cek DM

Dengan berbagai cara penyampaian komentar warganet, Tiara masih mencoba menyadarkan diri bahwa semua tergantung bagaimana seseorang menanggapi kritikan yang didapat.

"Tergantung kitanya juga mau nanggapinnya kayak gimana," tutur Tiara.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X