Kompas.com - 16/12/2020, 11:40 WIB
Aktris Sandra Dewi saat peluncuran buku seri Sikap Baik: Terima Kasih dan Maaf. Webinar Tentang AnakAktris Sandra Dewi saat peluncuran buku seri Sikap Baik: Terima Kasih dan Maaf.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sandra Dewi terkenal sebagai artis sekaligus ibu yang sangat memperhatikan tumbuh kembang anak-anaknya, Raphael (3) dan Mikhael (1).

Sandra Dewi berbagi kisah mengenai mengajarkan sikap mengucapkan terima kasih dan meminta maaf kepada dua putra dari pernikahannya dengan pengusaha Harvey Moeis tersebut.

Berikut rangkumannya:

Baca juga: Tak Gengsi Minta Maaf Pada Anak, Sandra Dewi: Aku Ingin Mereka Juga Begitu

1. Biasakan baca buku

Artis asal Pangkalpinang, Bangka Belitung ini menjadikan membaca buku sebagai aktivitas sehari-hari.

"Jadi, aku biasa siang ngajakin mereka baca bareng dan itu tuh menurut aku bonding juga ya sama anak. Sambil bacain, sambil mengajarkan, bonding juga sama anak," kata Sandra Dewi dalam konferensi pers virtual buku anak Terima Kasih dan Maaf, Selasa (15/12/2020).

Di samping itu menurut Sandra Dewi, membaca buku lebih menyenangkan dibandingkan mengajak anak menonton televisi.

Baca juga: Sandra Dewi Ajarkan Dua Putranya Pentingnya Konsep Minta Maaf dan Terima Kasih Sejak Balita

"Kalau aku memang membatasi anak-anakku menonton TV karena kesehatan mata juga. Aku concern sama kesehatan mata. Kemudian, untuk buku, ternyata buku itu banyak sekali yang bisa kita eksplorasi," tuturnya.

2. Ajarkan terima kasih dan maaf sejak balita

Sandra mengajarkan kedua putranya untuk meminta maaf dan berterima kasih.

Apalagi mereka saat ini sudah sering berebut mainan.

Baca juga: Sandra Dewi: Ajarkan Anak Kata Maaf dan Terima Kasih

"Itu mulai banyak harus mengajarkan minta maaf karena kadang adiknya pengin banget mainan kakaknya, kakaknya enggak kasih. Terus kesenggol adiknya, aku bilang 'Rafa harus bilang maaf ke adik. Walaupun adik lebih kecil tapi kamu salah', maksudnya kesenggol, bilang 'Maaf ya dek'," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X