Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandra Dewi Ajarkan Dua Putranya Pentingnya Konsep Minta Maaf dan Terima Kasih Sejak Balita

Kompas.com - 15/12/2020, 20:02 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai ibu, artis Sandra Dewi mengajarkan dua putranya sikap baik, terutama berterima kasih dan meminta maaf sejak kecil.

Sandra berujar dengan bererima kasih itu ia ingin mengajarkan anak-anaknya bersyukur setelah mendapat perlakuan baik dari orang lain.

"Karena memang itu penting banget ya karena dengan berterima kasih kita menghargai apapun yang dilakukan orang lain ke kita dan kalau dengan kata maaf itu, ya enggak apa-apa kalau salah minta maaf. Jangan pernah gengsi dan takut untuk minta maaf kalau salah," ujar Sandra Dewi, dalam konferensi pers virtual buku anak Terima Kasih dan Maaf, Selasa (15/12/2020).

Sandra menuturkan, ia mengajarkan dua sikap itu dari aktivitas sehari-hari. 

Baca juga: Sandra Dewi Pilih Baca Buku Jadi Kebiasaan Sehari-hari Kedua Anaknya

"Kalau misal dia terima barang kemudian kita kasih apa, aku memang mengharuskan dia berterima kasih, 'Bilang terima kasih. Bilang thank you', gitu," ucap Sandra.

Hanya saja menurut perempuan kelahiran tahun 1983 ini, mengajarkan maaf lebih sulit karena harus memberikan penjelasan lebih dulu.

Terlebih Raphael (3) dan Mikhael Moeis (1) kini sudah sering berebut mainan.

"Itu mulai banyak harus mengajarkan minta maaf karena kadang adiknya pengin banget mainan kakaknya, kakaknya enggak kasih. Terus kesenggol adiknya, aku bilang 'Rafa harus bilang maaf ke adik. Walaupun adik lebih kecil tapi kamu salah', maksudnya kesenggol, bilang 'Maaf ya dek'," jelasnya.

Baca juga: Gisel Kaget Daniel Mananta Sebut Sandra Dewi Galak

Sandra menegaskan, tetap mengajarkan dua hal itu pada Mikhael meskipun ia mungkin belum mengerti sepenuhnya.

"Adiknya pun walau berusia 1 tahun, aku sudah bilang, 'Adek, adek harus minta maaf ya kalau misalnya merusak mainan kakaknya'. Itu sering banget," kata Sandra.

"Kalau kakaknya sharing mainan juga, adiknya harus dikasih tahu, 'Terima kasih ya', ke kakaknya sudah boleh sharing mainan ke adiknya," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com