Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Piyu Yakinkan Produser Musik agar PADI Reborn Bisa Rekaman

Kompas.com - 11/12/2020, 19:49 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris PADI Reborn, Piyu merupakan personel yang mengumpulkan anggota grup bandnya tersebut pada 1997.

Meski telah membuat demo rekaman lagu dan mengirim ke beberapa label musik, Piyu dan teman-temannya tak kunjung mendapatkan kesempatan.

Sembari mengisi kekosongan waktu tersebut, Piyu mendapatkan tawaran menjadi kru Andra Ramadhan — gitaris Dewa 19 — yang saat itu harus menyelesaikan kuliahnya.

Piyu mengambil kesempatan itu sebagai bantu loncatan mempelajari lebih jauh dan lebih dekat dengan dapur rekaman dan mengenal dekat para produser musik Tanah Air. 

Baca juga: Cerita Panjang Piyu Kumpulkan Personel PADI, Tawarkan 50 Lagu Ciptaannya

Pasalnya, Piyu tetap menginginkan PADI — saat itu belum bernama PADI Reborn — masuk ke dapur rekaman dan berkecimpung di industri musik Indonesia.

Sambil menyelam minum air, Piyu mencoba menghafal wajah-wajah produser musik satu persatu.

"Suatu ketika ada acara yang menghadirkan beberapa produser musik datang ke suatu acara. Saya samperi salah satunya, ke Pak Iyan waktu itu," ungkap Piyu seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Official Piyu Channel, Jumat (11/12/2020).

"Nah, saya dengar-dengar Pak Iyan ini ditarik oleh Sony Music Indonesia yang baru terbentuk di Indonesia sekitar tahun 1997," ujar Piyu melanjutkannya.  

Baca juga: Pertama Kali Bertemu, Piyu Tertawakan Wajah Ari Lasso. Kenapa?

Dalam kesempatan itu, Piyu menyapa dan memperkenalkan diri. Tidak lupa dia juga mengingatkan kepada Iyan bahwa Piyu pernah memasuki demo rekaman lagu PADI ke perusahaannya yang lama.

Kemudian Iyan meminta nomor telepon pemilik nama lengkap Satrio Yudi Wahono itu dengan tujuan untuk bisa mengabari lebih lanjut demo rekaman PADI.

Selang beberapa lama, Piyu akhirnya berbincang dengan Iyan di suatu tempat tentang demo rekamannya itu.

Meski saat itu belum masuk dapur rekaman, Piyu dengan percaya diri meminta Iyan untuk datang ke Surabaya dan menyaksikan PADI saat manggung. 

Baca juga: Berawal dari Sakit Hati, Piyu PADI Reborn Belajar Main Gitar

Akhirnya Iyan pun terbang ke Surabaya dan menyaksikan Piyu dan teman-temannya beraksi di salah satu kafe.

Namun, ketika meminta pendapat, kata Piyu, Iyan memberikan kritikan terhadap lagu "Sobat" karena liriknya pada saat itu belum maksimal.

Walau begitu, pria kelahiran Juli 1973 ini tetap percaya diri dengan penampilan PADI pada malam itu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com